Salin Artikel

Saat Perwakilan Negara Rumania Kepincut dengan Porang, Tawarkan Kerja Sama dengan Pemkot Madiun

Ketertarikan Emil menjajaki kerja sama dengan Pemkot Madiun muncul setelah dirinya menikmati sajian pecel porang di balai kota Madiun dan mengunjungi kebun Porang di Ngrowo Bening Edupark, Minggu (5/6/2022).

Selain Emil, tamu kehormatan yang datang di Kota Madiun yakni Dubes RI untuk Rumania dan Republik Moldova Amhar Azeth, Sekretaris Pertama KBRI Bucharest Vidya Pertiwi, Sekretaris Ketiga KBRI Bucharest Herwina Diah Fitriani, dan istri Dubes RI untuk Rumania dan Moldova Martiyas Indriastuti.

Usai meninjau kebun porang, Konhor RI di Constanta, Emil Sirbu menawarkan kerja sama dengan Pemkot Madiun. Emil meminta Pemkot Madiun segera membuat proposal untuk pengajuan kerja sama.

"Saya tunggu Pak Wali (Wali Kota Madiun, Maidi) untuk membuat proposal. Nanti Agustus akhir atau paling lambat September akhir tim ahli kami akan datang," kata Emil.

Emil mengatakan dirinya tertarik menjajaki kerja sama pengembangan Porang lantaran pemaparan visi Wali Kota Maidi terhadap produk itu menjanjikan.

Untuk itu, bila terjadi kerja sama maka Pemerintah Rumania dapat membiayai seluruh keperluan bisnis ini, baik di Indonesia maupun Rumania.

Ia berharap wali kota segera membuat proposal dan melakukan presentasi di Rumania.



Wali Kota Madiun Maidi saat dihubungi pada Senin (6/6/2022) menyatakan, ketertarikan Konhor RI di Constanta terhadap pengembangan porang memberikan harapan baru bagi petani Porang.

Terlebih saat ini, harga porang sedang anjlok.

"Saat ini produksi porang memang melimpah. Namun yang menyerap kurang sehingga harganya drop. Lewat kerja sama ini maka tentu akan menolong kita," kata Maidi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/06/142137878/saat-perwakilan-negara-rumania-kepincut-dengan-porang-tawarkan-kerja-sama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke