Salin Artikel

Kembali ke Pesantren Tebuireng, Wapres Ma'ruf Amin Nostalgia Masa Muda

Ma'ruf yang saat itu menghadiri acara Seminar Aktualisasi Pemikiran Aswaja Hadratus Syeikh K.H. M. Hasyim Asy'ari di Era Disrupsi, mengenang masa mudanya yang belajar selama enam tahun.

Dia mengatakan telah mempelajari berbagai kitab fikih dan ilmu-ilmu keagamaan, selain juga menempuh pendidikan formal.

"Sebagai salah seorang alumni Tebuireng, saya teringat kembali saat saya menyantren di sini," tutur Wapres di Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (4/6/2022).

Dalam acara yang juga merupakan halalbihalal serta temu alumni nasional Pesantren Tebuireng ini, Wapres mengingat masa-masa belajar di sana.

"Saya ingat betul saya pernah (tinggal) di dekat masjid, itu di Pondok A namanya itu, saya pindah (lagi) ke Pondok C," kenang Wapres.

Sesuai tema seminar, Wapres juga mengenang sosok karismatik pendiri Ponpes Tebuireng KH Hasyim Asy'ari.

Menurutnya, Hasyim Asy'ari telah memperjuangkan ahlussunnah wal jamaah yang ilmunya terus diwariskan kepada para santri.

"Kita harapkan apa yang diwariskan Hadratus Syeikh benar-benar terus menjadi akidah umat, menebarkan toleransi, menebarkan keutuhan bangsa," ujar Wapres.


Selain itu, Wapres mengatakan silaturahmi temu alumni perlu dilanjutkan agar tercipta wawasan-wawasan dan ide baru dari para peserta yang hadir.

Pada kunjungannya tersebut Wapres sempat berziarah ke makam pendiri Ponpes Tebuireng K.H. Hasyim Asy’ari serta ke makam K.H. Wahid Hasyim dan K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang berada di dalam kompleks pesantren.

Dia juga menyaksikan penyerahan bantuan santripreneur dari Baznas kepada 20 orang santri Ponpes Tebuireng.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/05/165915078/kembali-ke-pesantren-tebuireng-wapres-maruf-amin-nostalgia-masa-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke