Salin Artikel

Mengenal Kopi Slondo Khas Ngawi, Kopi dengan Aroma Nangka yang Kental

MAGETAN, KOMPAS.com – Kopi ekselsa Slondo menjadi kopi khas Ngawi, Jawa Timur. Kopi dengan aroma nangka itu bahkan sudah merambah ke pasar Belanda.

Manajer Kafe Antorium, Iqbal menyarankan, kopi Slondo diolah tubruk dengan rosting medium tanpa gula supaya aroma nangka pada kopi Slondo terasa kental.

“Itu cara terbaik untuk merasakan kopi ekselsa dari Ngawi. Sensasnyinya harum nangka dengan sedikit taste jeruk,” kata Iqbal saat ditemui dalam Festival Kopi Tanah Air di Alun-alun Ngawi, Jumat (27/5/2022) sore.

Manajer Kafe the Real, Reza menyarankan hal yang sama. Menurutnya, penikmat kopi luar daerah banyak yang menyukai kopi Slondo.

"Kopi ekselsa khas Ngawi itu aroma nangkanya lebih pekat dibandingkan dari daerah lainnya,” katanya.

Identitas kopi Ngawi

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono mengatakan, kopi ekselsa Slondo telah menjadi salah satu identitas Ngawi. Menurutnya, selain disebut kopi Slondo, kopi itu juga dikenal dengan kopi nangka.

"Kalau di sini kita ada kopi ekselsa yang sudah menjadi identitas asli kopi Ngawi. Kita harus meningkatkan kemampuan penyajian dari barista dengan cara menggelar festival seperti ini,” katanya.

Ony mengatakan, kopi ekselsa dari Ngawi itu sudah mendapat permintaan pemesanan dari penikmat kopi di Belanda. Namun, permintaan itu belum bisa dilayani sepenuhnya karena produknya masih terbatas.

"Berawal dari pameran Kemenparekraf di Surabaya beberapa waktu lalu akhirnya ada pembeli dari Belanda, tapi masih sangat terbatas, kita masih upayakan untuk pengembangannya,” imbuhnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/28/192652078/mengenal-kopi-slondo-khas-ngawi-kopi-dengan-aroma-nangka-yang-kental

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke