Salin Artikel

Cerita Menteri Sandiaga Usai Santap Kaldu Kokot di Sumenep: Rasanya Enak Sekali...

Sandiaga terpukau dengan kelezatan kaldu kokot, kuliner khas Sumenep yang berbahan dasar kikil sapi itu. 

"Tadi (saya) nyobain kaldu kokot, ternyata rasanya enak sekali," kata Sandiaga di area Pendopo Kantor Bupati Sumenep, Selasa.

Sandiaga mengaku, kaldu kokot merupakan salah satu masakan yang kurang disorot jika dibandingkan dengan kuliner khas Madura lainnya.

Padahal, lanjut dia, kelezatan kaldu kokot sangat layak dikembangkan menjadi bagian dari wisata kuliner di Kabupaten Sumenep.

"Kita melihat kurangnya kaldu kokot ini sebagai kukiner khas Sumenep, yang kita kenal sudah mendunia kan sate Madura dan beberapa jenis produk nasi. Tapi yang kaldu kokot ini sangat layak untuk kita kembangkan ke depan," jelasnya.

Tentang Kaldu Kokot

Kaldu Kokot merupakan kuliner khas Sumenep, Madura. Dikutip dari Kompas.com, kaki sapi atau kikil sapi bisa diolah menjadi kaldu kikil yang lezat.

Kaldu dengan bahan dasar kikil ini kemudian lumrah disebut dengan kaldu kokot. Kokot dalam bahasa Madura berarti kikil.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kokot sapi, dibersihkan terlebih dulu. Untuk membersihkannya, kokot yang sudah dipotong dibakar untuk menghilangkan kotoran yang melekat.

Kokot yang sudah dibakar, lalu dibilas dengan air. Setelah dibilas bersih, kokot direbus menggunakan air selama tiga jam hingga memiliki tekstur lembut.

Air rebusan kokot itu dicampur bumbu khas yang sudah diolah. Racikan bumbu itu seperti, bawang merah, bawang putih, lada, garam, penyedap rasa, bawang goreng, dan daun bawang.

Semua bahan itu dihaluskan lalu ditumis. Agar penyajian kaldu semakin mantap, ditambahkan kacang hijau yang telah direbus.

Sajian kaldu kokot itu juga bisa ditambah dengan kecap. Seporsi kaldu kokot ini dijual dengan harga Rp 30.000.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/24/175628178/cerita-menteri-sandiaga-usai-santap-kaldu-kokot-di-sumenep-rasanya-enak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke