Salin Artikel

Landasan Pacu Juanda Bermasalah, Pendaratan 6 Pesawat Dialihkan ke Ngurah Rai Bali

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 6 pesawat tujuan Bandara Internasional Juanda Surabaya terpaksa mengalihkan pendaratan ke Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar Bali, Minggu (22/5/2022).

Pengalihan pendaratan menyusul laporan kerusakan pada fasilitas landasan pacu (runway) Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur.

Keenam penerbangan ke Surabaya itu yakni pesawat Super Air Jet (IU641) dari Samarinda, Garuda (GA316) dari Jakarta, Lion (JT811) dari Labuan Bajo, Citilink (QG 461) dari Samarinda, Lion (JT 361) dari Balikpapan, dan pesawat Lion dari Makassar.

"Sebagian maskapai memang memutuskan mengalihkan pendaratan di Bali, sebagian tetap mendarat di Bandara Juanda," kata Humas PT Angkasapura I Bandara Internasional Juanda Surabaya Yuristo Ardi Hanggoro dikonfirmasi Minggu sore.

Kerusakan runway, sambung dia, mulanya diketahui pukul 09.25 WIB. Pesawat Batik Air (ID6309) rute Surabaya-Jakarta melaporkan ada kendala pada fasilitas landasan.

"Atas laporan tersebut, tim bandara bergerak cepat mengevakuasi pesawat kembali ke apron. Proses push back atau penarikan pesawat membutuhkan waktu 50 menit dan pesawat dapat kembali parkir ke apron pada pukul 10.15 WIB," tutur Yuristo.

Dia memastikan, tidak ada penutupan aerodrome akibat laporan kerusakan tersebut. Sejak pesawat Batik Air bisa ditarik kembali ke apron, runway aman untuk proses take off pesawat.

"Saat ini tim teknik telah selesai melakukan perbaikan secara taktikal dan tidak mengganggu jadwal penerbangan," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/22/182558678/landasan-pacu-juanda-bermasalah-pendaratan-6-pesawat-dialihkan-ke-ngurah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke