Salin Artikel

Atap Bandara Trunojoyo Sumenep Bocor padahal Baru Diresmikan

SUMENEP, KOMPAS.com - Atap Bandara Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur, bocor. Padahal, bandara yang ada di ujung Pulau Madura itu belum lama ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Bocornya atap bangunan bandara itu terlihat dalam sebuah video yang memperlihatkan atap Bandara Trunojoyo bocor saat dilanda hujan. Belakangan diketahui bahwa atap yang bocor itu ada di sisi kanan pintu keberangkatan.

"Bagian atap yang bocor itu ada di depan pintu keberangkatan dan agak ke kenan dari pintu keberangkatan. Sejauh ini tidak mengganggu operasional," kata Humas Bandara Trunojoyo Romzy Sarengat Sani saat dihubungi, Sabtu (21/5/2022).

Romzy menjelaskan, kebocoran di atap pintu keberangkatan Bandara Trunojoyo Sumenep sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Kendati begitu, ia menyebut, kebocoran terjadi jika intensitas hujan tinggi.

"Itu kebocoran kalau hujannya terlalu lebat, jika hanya hujan biasa (intensitas ringan dan sedang), nggak sampai bocor," tuturnya.

Pihaknya tak merinci penyebab bangunan bisa bocor. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan bagian unit bangunan dan landasan (Bangland) yang bertanggung jawab dan memiliki wewenang untuk melakukan perbaikan.

"Sudah dikomunikasikan dengan unitnya (Babgland), itu kan bangunan proyeknya (Bandara Trunojoyo) dari pusat, dan sudah selesai sekitar dua tahun yang lalu," kata dia.

Bandara Trunojoyo Sumenep sendiri baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Rabu (20/4/2022) lalu. Dalam sambutannya, Presiden menyebut peran sentral bandara tersebut untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar Madura.


“Bandara ini akan sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura, dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura,” kata Jokowi di Bandara Trunojoyo Sumenep saat itu.

Menurut Jokowi, kehadiran Bandara Trunojoyo akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar Pulau Madura yang jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari, maka dengan menggunakan pesawat hanya akan membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Ia juga meyakini, konektivitas yang makin baik tersebut akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi.

Saat itu, terdapat tiga maskapai yang melayani penumpang di Bandara Trunojoyo, yakni Susi Air, Wings Air dan Citilink. Jadwal untuk Susi Air pada Selasa dan Rabu, sedangkan untuk Wings Air dan Citilink di hari Jumat dan Minggu.

Jadwal penerbangan pesawat masing-masing memiliki rute tersendiri. Susi Air rute Bawean-Sumenep, Pagerungan-Sumenep dan Banyuwangi-Sumenep dan sebaliknya. Untuk Wings Air dan Citilink Indonesia rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/21/133715978/atap-bandara-trunojoyo-sumenep-bocor-padahal-baru-diresmikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke