Salin Artikel

Tanah Milik Warga Tuban Tiba-tiba Ambles 1,5 Meter Menyerupai Danau

Sontak warga sekitar pun dibuat gempar dengan fenomena tanah  yang tiba-tiba ambles sedalam 1,5 meter dengan luas diameter sekitar 15 meter.

Belum diketahui secara pasti penyebab amblesnya tanah yang biasa dijadikan tempat menggembala hewan ternak maupun tempat warga mencari rumput.

Kapolsek Jenu AKP Gunawan Wibisono mengatakan, lokasi tanah yang ambles diketahui milik Sutomo, warga Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Fenomena amblesnya tanah secara tiba-tiba itu kali pertama diketahui oleh Rasi, seorang penggembala sapi yang biasa beraktivitas di sekitar lokasi tanah ambles.

Sebelumnya, tanah tersebut banyak ditumbuhi rumput yang menjadi tempat warga untuk menggembala sapi ataupun mencari rumput untuk pakan ternaknya.

"Pengakuan warga, di lokasi tanah ambles itu sering dipakai menggembala sapi dan ternak lainnya, tapi tadi pukul 09.00 WIB, tanahnya kok tiba-tiba ambles," kata Gunawan kepada Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Rasi, yang mengetahui fenomena tersebut pun terkejut dan  mengabarkannya kepada perangkat desa, lalu oleh perangkat desa fenomena itu dilaporkannya ke Firkopimcam Jenu.

Setelah mendapatkan laporan adanya fenomena tanah yang ambles dan membuat kubangan besar seperti danau tersebut, pihak Forkompimcam langsung melihat ke lokasi.

"Lokasi tanah yang ambles itu dekat dengan laut, diperkirakan ada gua di bawah struktur tanah yang tidak kuat sehingga tanahnya ambles ke dalam," tuturnya.

Kini, lokasi kubangan yang penuh dengan air akibat tanah ambles tersebut terpaksa dipasang garis polisi agar tidak membahayakan warga sekitar.

"Sudah kita pasang garis polisi untuk mengantisipasi warga mendekati lokasi, karena dikhawatirkan di sisi-sisi lubang tanahnya masih labil dan membuat warga yang melihat terperosok," tandasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/19/222144378/tanah-milik-warga-tuban-tiba-tiba-ambles-15-meter-menyerupai-danau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke