Salin Artikel

Jemaah Aboge di 2 Kecamatan Ngawi Laksanakan Shalat Idul Fitri Hari Ini

NGAWI, KOMPAS.com – Jemaah Tarekat Satariyah atau Islam aliran Alif Rebo Wage (Aboge) di Kecamatan Jogorogo dan Ngrambe Kabupaten Ngawi, Jawa Timur baru merayakan shalat Idul Fitri hari ini, Rabu (4/5/2022).

Tokoh Masyarakat Aboge di Kecamatan Ngrambe Catur Mardianto mengatakan, penetapan hari raya Idul Fitri jamaah Islam Aboge berdasarkan perhitungan yang diyakini secara turun-temurun, di mana awal tahun Alip atau 1 Muharam jatuh pada hari pasaran Rebo (Rabu) Wage.

“Dalam perhitungan Aboge tahun 2022 ini, bertepatan dengan tahun Jawa Alip atau Alif,” ujarnya melalui pesan singkat Rabu (04/05/2022).

Catur menambahkan, awal Syawal tahun ini dihitung menggunakan rumus yang disebut Waljiro atau syawal siji loro, yaitu perhitungan hari pertama dan pasaran kedua dari Rabu Wage.

Dengan perhitungan Waljiro tersebut, maka 1 Syawal jatuh pada hari Rabu Kliwon.

“Demikian juga saat awal puasa 1 Ramadan lalu, Jemaah Islam Aboge juga baru memulai ibadah puasa pada Hari Senin (4/3/2022). Selisih satu hari dibanding penetapan pemerintah,” imbuhnya.

Jemaah Aboge melaksanakan shalat Idul Fitri di beberapa tempat, salah satunya di Masjid Al Karim masuk Dusun Dayaan, Desa Setono, Kecamatan Ngrambe.

Masjid tersebut sebelumnya juga digunakan jemaah Nahdliyin untuk melaksanakan shalat Idul Fitri pada Senin (2/5/2022).

"Untuk jemaah ada yang sholat kemarin hari Senin dan sebagian lagi hari ini. Mereka tetap rukun tidak ada masalah," ucapnya.

Usai melaksanakan shalat Idul Fitri, para jamaah Islam Aboge melaksanakan syukuran atau kenduri dan dilanjutkan dengan bersilaturohim antar jamaah. Acara silaturohim kemudian dilanjutkan dengan saling berkunjung ke rumah sanak famili dan kerabat lainnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/04/111526278/jemaah-aboge-di-2-kecamatan-ngawi-laksanakan-shalat-idul-fitri-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke