Salin Artikel

Wali Kota Blitar Izinkan Sepeda Motor Melintas di Kawasan City Walk Makam Bung Karno

Wali Kota Blitar Santoso mengizinkan kendaraan bermotor roda dua untuk melintas di ruas yang mulai 2017 ditetapkan sebagai kawasan City Walk kompleks wisata ziarah Makam Bung Karno.

"Iya. City Walk kita buka untuk sepeda motor agar pedagang yang ada di sana terutama pedagang souvenir laku," kata Santoso menjawab Kompas.com, Kamis (28/4/2022).

Santoso memastikan bahwa hanya kendaraan bermotor roda dua yang diizinkan melintas di kawasan City Walk. Sedangkan kendaraan roda empat tetap tak diperbolehkan masuk. 

"Pedagang-pedagang di sana biar ada penghasilanlah. Kasihan kalau ditutup terus. Tapi kalau roda empat nggak boleh," ujarnya.

Namun kebijakan tersebut tak berlaku pada akhir pekan Sabtu-Minggu. Santoso mengatakan, kawasan City Walk akan kembali steril dari kendaraan bermotor roda dua pada akhir pekan. 

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Destinasi Wisata pada Dinas Pariwisata dan Budaya Heru Santoso mengatakan bahwa City Walk dibangun pada 2017 dengan menutup satu ruas jalan Ir. Soekarno yang melintas di depan Makam Bung Karno.

Pembuatan area City Walk, kata Heru, bertujuan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung Makam Sang Proklamator Kemerdekaan tersebut.

"Dengan ruas tersebut steril dari kendaraan bermotor tentu akan menambah kekhusukan peziarah saat berdoa di pusara Makam Bung Karno," ujar Heru.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/29/084801778/wali-kota-blitar-izinkan-sepeda-motor-melintas-di-kawasan-city-walk-makam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke