Salin Artikel

Mortir Nyasar di Rumah Warga Pasuruan, Komandan Korps Marinir Akan Mengevaluasi Latihan

Dalam kunjungannya, Widodo memohon maaf atas kesalahan yang terjadi saat latihan Yonif 1 Brigif 2 Marinir Pusat Latihan Tempat (Puslatpur) Marinir 3 Grati, Pasuruan, Jawa Timur.

Materi latihan saat itu yakni menembak senjata bantuan infanteri (Senbanif) berupa latihan menembak mortir, senjata mesin berat, dan peluru roket anti personel/Tank RPG.

"Ke depan kami akan melaksanakan evaluasi agar latihan-latihan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana latihan dan tetap mengutamakan faktor keamanan," ungkap melalui rilis resminya, Jumat (22/4/2022).

Widodo menyebutkan, ada beberapa kemungkinan yang terjadi saat latihan tersebut, hingga mortir mengenai rumah warga.

"Oleh karena itu ke depan akan kita evaluasi. Di sisi lain juga, mortir 60 mm ini jangkauannya juga luas, hingga mencapai 4 kilometer," kata Widodo.

"Sehingga, memang dibutuhkan area yang luas untuk melaksanakan latihan ini. Maka, sebelum latihan kita pasti melakukan sosialisasi dan evakuasi kepada warga sekitar area latihan," lanjutnya.


Sebagai langkah tanggung jawab, Korp Marinir akan bergotong-royong membantu memperbaiki kerusakan rumah warga.

"Kami sudah bersepakat untuk dengan warga untuk bergotong-royong memperbaiki kerusakan rumah warga. Namun latihan tidak boleh berhenti, sebab Prajurit TNI bertugas untuk menjaga kedaulatan negara dari berbagai bentuk ancaman," tuturnya.

Sebuah rekoset peluru mortir nyasar ke rumah warga Desa Balung Anyar, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022).

Akibatnya, sebanyak tiga rumah warga mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut.

Mortir tersebut berasal dari prajurit Korp Marinir yang sedang melakukan latihan di area Puslatpur Marinir 3 Grati, Kabupaten Pasuruan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/22/191323878/mortir-nyasar-di-rumah-warga-pasuruan-komandan-korps-marinir-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke