Salin Artikel

Pemudik Akan Tinggalkan Kota Malang, Polisi Aktifkan Patroli ke Perumahan

Hal ini untuk mencegah terjadinya tindakan kejahatan saat warga Kota Malang meninggalkan rumah untuk mudik. Bhabinkamtibmas akan berpatroli mencegah tindak kejahatan di permukiman.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengungkapkan, pihaknya ingin memberikan jaminan keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan para pemudik dari Kota Malang. Termasuk dengan menjaga harta benda milik masyarakat yang mudik.

"Tidak hanya manusianya tetapi juga harta bendanya kita akan berusaha jaga," kata Budi di Malang, Jumat (22/4/2022).

Budi juga memberikan beberapa tips bagi pemudik sebelum meninggalkan rumahnya. Di antaranya seperti tidak lupa mematikan listrik untuk mencegah korsleting, mematikan kompor, dan mencabut gas elpiji dari regulator, serta mengunci pintu dan pagar.

"Kemudian bagi masyarakat yang mudik bisa melaporkan ke Pak RT/ RW kemudian diteruskan ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas supaya rumahnya bisa kita jaga dan pantau serta dilakukan patroli," katanya.

Lebih lanjut, Budi juga memberikan atensi pengamanan ke tempat usaha yang ditinggal pemiliknya untuk mudik Lebaran.

Ia juga mengimbau para pemilik usaha untuk membuat pengamanan sebaik-baiknya.

"Pertama kita sudah membentuk tim untuk melaksanakan patroli, yang kedua tahapan pencegahan sudah kita komunikasikan apabila terjadi sesuatu hal bisa menghubungi kantor Polisi terdekat," katanya.

Kabag Ops Polresta Malang Kota, Kompol Supiyan mengatakan, beberapa titik yang menjadi perhatian untuk patroli seperti perumahan yang tidak memiliki petugas keamanan.

Rencananya kegiatan patroli rutin mulai dilakukan pada Sabtu (23/4/2022).

"Kegiatan tersebut akan ditingkatkan karena pemudik akan meninggalkan rumahnya sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dilakukan patroli pengamanan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/22/172908978/pemudik-akan-tinggalkan-kota-malang-polisi-aktifkan-patroli-ke-perumahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke