Salin Artikel

7 Pos Pelayanan Disiapkan di Malang Selama Mudik Lebaran, 418 Personel Gabungan Dikerahkan

Sebab, diprediksi arus mudik tahun ini bakal meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya sehingga diperkirakan akan rawan kemacetan di beberapa titik di wilayah Kabupaten Malang.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malang, AKBP Ferli Hidayat mengungkapkan, 418 personel gabungan itu terdiri dari jajaran anggota TNI, Polri, dan jajaran pendukung seperti Banser dan Pemuda Pancasila.

"Setiap personel itu akan ditempatkan di tujuh pos pelayanan dan satu pos pengamanan," ungkap Ferli saat ditemui di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Malang, Jumat (22/4/2022).

Selain itu, para personel itu juga akan ditempatkan di pos-pos yang tersedia di beberapa destinasi wisata Kabupaten Malang untuk mengantisipasi potensi lonjakan wisatawan.

Wilayah rawan macet

Polres Malang telah memetakan beberapa titik yang diperkirakan akan rawan terjadi kepadatan kendaraan.

Di antaranya yaitu di exit tol Lawang, exit tol Singosari, Jalan Raya Karanglo, Kecamatan Karangploso menuju ke arah Kota Batu, dan di wilayah Kecamatan Sumberpucung sebagai wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar.

"Apabila terjadi kemacetan, beberapa opsi rekayasa lalu lintas telah kita siapkan," tutur Ferli.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Malang, AKP Agung Fitransyah memerinci rekayasa lalu lintas dengan mekanisme semi satu arah di kawasan Jalan Raya Karanglo, Kecamatan Karangploso menuju Kota Batu apabila terjadi kepadatan.

"Tinggal kita lihat nanti, kepadatannya ke arah Kota Batu atau ke arah sebaliknya," jelasnya.

Sedangkan apabila terjadi kepadatan di kawasan exit tol Lawang atau exit Tol Singosari, maka kepadatan kendaraan akan diurai dengan cara diarahkan ke exit tol Pakis dan exit tol Madyopuro, Kota Malang.

"Untuk saat ini tren kenaikan kendaraan yang masuk Kabupaten Malang belum ada. Kami memprediksi kenaikan itu terjadi pada 28 April mendatang," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/22/154027878/7-pos-pelayanan-disiapkan-di-malang-selama-mudik-lebaran-418-personel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke