Salin Artikel

Khofifah Prediksi 16,8 Juta Orang Mudik ke Jatim

Data tersebut diperoleh dari hasil Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Semeru 2022 di Mapolda Jatim, Surabaya, yang dipimpin Khofifah, Selasa (19/4/2022).

"Jadi semula (pemudik) diperkirakan berjumlah 14,6 juta yang akan mudik ke Jatim. Tapi setelah swab antigen itu dibebaskan, ternyata estimasinya meningkat menjadi 16,8 juta orang," kata Khofifah di Surabaya, Rabu (20/4/2022).

Khofifah menuturkan, pembebasan aturan swab antigen membuat banyak masyarakat memilih untuk mudik tahun ini.

"Jadi ada tambahan 2,2 juta itu kemungkinan warga yang mudik," ujar Khofifah.

Dengan jumlah pemudik yang cukup tinggi, Khofifah mengingatkan kembali soal keamanan, layanan kesehatan, kewaspadaan dan keselamatan.

"Jadi seluruh layanan kesehatan harus standby, kemudian tim armada dari Kodam juga di standby-kan, dan tentu pada rakor lintas sektor kali ini, bersama kapolres dan semua pihak sekarang bersinergi untuk melakukan persiapan semaksimal mungkin, sedetail mungkin," ujar dia.

Terlebih lagi, Polri telah membuat tagline sehat dan selamat untuk mudik tahun ini. Hal itu harus menjadi atensi seluruh pihak agar keselamatan dan kesehatan menjadi yang utama.

"Itu menjadi bagian yang sangat penting untuk menjadikan top of mind kita, bagaimana mudik ini sehat dan selamat. Kalau semua memiliki top of mind yang sama, sehat dan selamat, maka masing-masing menjaga diri dan lingkungannya supaya sehat dan selamat," katanya. 

Didominasi mobil pribadi

Sementara itu, Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman memprediksi mobil penumpang atau mobil pribadi akan mendominasi arus mudik kali ini.  

"Kalau kita bicara mobil penumpang, berarti perjalanan jarah jauh, yang kemungkinan dari Jakarta, Jawa Barat, atau Jabodetabek," kata Latif. 

Di samping itu, sepeda motor juga akan menjadi kendaraan yang banyak dipakai masyarakat untuk mudik. Apalagi mudik lokal antarkota seperti dari Surabaya ke Lamongan. 

"Itu yang akan jadi fokus kita, bagaimana khususnya mudik yang selamat. Kita bicara selamat dulu, bagaimana mengatur pola jalur yang ada di Jatim," ucap Latif. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/20/150400578/khofifah-prediksi-168-juta-orang-mudik-ke-jatim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke