Salin Artikel

Buah Transplantasi Terumbu Karang, Ekosistem Bawah Laut Pantai Basring Tarik Wisatawan

Padahal, 12 tahun lalu destinasi wisata Bangsring Under Water (Bunder) itu merupakan permukiman nelayan biasa, dan ekosistem di bawah lautnya sepi.

Pengelola destinasi Bunder Wildan Sukirno mengatakan, dahulu tidak ada terumbu karang maupun ikan di bawah laut tepian Selat Bali itu.

Namun, dengan transplantasi terumbu karang yang terus dilakukan sejak 2010, kehidupan bawah air Pantai Bangsring semakin ramai.

"Setelah kita mulai menanam di tahun 2010 sampai detik ini, dan karangnya sudah mulai bagus, dan ikannya sudah ribuan. Sudah ada yang bertempat di terumbu karang transplantasi," kata Sukirno, Selasa (12/4/2022).

Penanaman itu dilakukan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Samudera Bhakti yang bersinergi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Karang yang ditanam di sana sebagian besar jenis Acropora yang memiliki perkembangan cukup cepat, yakni satu sentimeter per tahun.

Dibandingkan jenis lain, misalnya batu karang yang berkembang satu inci per tahun, Acropora dipilih karena lebih cepat tumbuh.

Sementara pembiayaan transplantasi didapatkan dari hibah, program pemerintah maupun perusahaan swasta, dan sumber daya Pokmaswas Samudera Bhakti sendiri.

"Area konservasi kita adalah 15 hektar. Cuma di situ ada beberapa tempat atau zona-zona. Yang kita tanami adalah zona pengembangan, zona pengembangan ini sekitar 5 hektare," Sukirno.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori mengatakan, pihaknya mendukung meramaikan ekosistem laut Pantai Bangsring dengan penanaman 2.700 stek atau bibit potongan terumbu karang.

Penanaman itu bersamaan dengan kegiatan tahunan Pembinaan Pertahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar) bersama siswa sejumlah sekolah dan kelompok nelayan di Banyuwangi.

"Harapannya ke depan agar kegiatan ini terus dapat kita lakukan. Sehingga lingkungan laut di sekitar Banyuwangi dapat tumbuh ikan-ikan, jadi rumah ikan-ikan. Sehingga bisa dijadikan ekowisata bagi masyarakat dan tumbuhnya ekonomi masyarakat di Banyuwangi," kata Ansori, Selasa.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/13/114626078/buah-transplantasi-terumbu-karang-ekosistem-bawah-laut-pantai-basring-tarik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke