Salin Artikel

Kasus Polisi Pukul Sopir Truk Berakhir Damai, Kapolres Jombang: Anggota Tetap Jalani Kode Etik

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat tidak memungkiri adanya aksi kekerasan oleh anak buahnya terhadap sopir truk.

Dirinya telah memimpin mediasi antara anggota polisi dengan sopir truk yang menjadi korban pemukulan. Dari hasil mediasi, kedua pihak sepakat berdamai dan tidak melanjutkan kasus itu ke secara hukum.

"Alhamdulillah, kedua belah pihak bisa untuk memahami, menyadari dan berdamai," kata Nurhidayat kepada Kompas.com, Senin.

Meski demikian, lanjut dia, mekanisme penanganan internal terhadap anak buahnya tetap dilakukan. Kedua anggota polisi yang terlibat pemukulan tetap menjalani sidang kode etik institusi kepolisian.

"Untuk anggota kami, kami pastikan tetap melaksanakan (pemeriksaan) kode etik karena tindakan kekerasan itu bagaimanapun tidak dibenarkan di luar konteksnya," jelas Nurhidayat.

Ada dua video yang beredar. Video pertama memiliki durasi 30 detik yang menayangkan seorang polisi sedang bersitegang dengan sopir truk.

Dalam video yang sama, polisi tampak berusaha merebut kunci kontak truk. Polisi berseragam juga tampak memukul bagian tubuh sopir truk.


Adapun dalam video kedua dengan durasi 24 detik, pengemudi truk dengan menghadap kamera ponsel, menunjukkan bagian wajahnya yang memar akibat dipukul.

"Penganiayaan soko (oleh) polisi. Arep nyegat (mau menghentikan), tapi ngampleng (mukul) lho. Bapak e iki siji kalian kae (Bapaknya ini yang satu dan itu satunya), Kejadian ten (di) Jombang," kata pria dalam video.

Berdasarkan penelusuran, peristiwa itu terjadi di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (11/4/2022), sekitar pukul 10.30 WIB.

Lokasinya berada di jalan Basuki Rahmat, di wilayah Desa Jambu, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Sosok polisi yang tertangkap kamera tampak melakukan kekerasan kepada sopir truk, merupakan anggota Satlantas Polres Jombang.

Adapun pengemudi truk yang dipukul polisi, yakni Choirul Affani, warga Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Jawa Tengah.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/12/063552878/kasus-polisi-pukul-sopir-truk-berakhir-damai-kapolres-jombang-anggota-tetap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke