Salin Artikel

Jelang Lebaran, 10.814 Keluarga di Kota Blitar Dapat Bantuan Beras, Masing-masing 40 Kilogram

Kepala Dinas Sosial Kota Blitar Sad Sasmintarti mengatakan, 10.814 keluarga akan mendapatkan masing-masing 40 kilogram beras yang merupakan alokasi bantuan empat bulan terakhir.

"Bantuan memang diberikan setiap empat bulan sekali. Jadi ini bantuan untuk bulan Januari, Februari, Maret dan April. Setiap bulan 10 kilogram," ujar Sasmintarti di sela pengambilan sampel untuk uji mutu beras, Jumat (8/4/2022).

"Insya Allah minggu depan sudah mulai didistribusikan. Mulai hari ini, setiap hari akan datang sekitar 50 ton beras," tambahnya.

Dengan jumlah penerima sebanyak 11.814 keluarga, kata dia, beras yang akan dibagikan sejumlah 432,56 ton pada termin pertama sebelum Lebaran 2022.

Menurutnya, jumlah keluarga penerima bantuan beras Rastrada 2022 tersebut berkurang dibandingkan tahun sebelumnya yang lebih dari 11.000 keluarga.

Kata Sasmintarti, melalui proses verifikasi data, dinas sosial menemukan ratusan keluarga yang sudah tidak memenuhi syarat menjadi penerima.

Tidak hanya melakukan verifikasi data penerima, Sasmintarti mengatakan, mutu beras yang dibagikan kepada ribuan warga tersebut dipastikan berkualitas.

Sebelum didistribusikan, dinas sosial menggandeng Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang dari Surakarta, Jawa Tengah, untuk memastikan mutu beras sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

"Kriteria antara lain meliputi bobot beras setiap kemasan, kadar air dan toleransi maksimal butir beras yang pecah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar Yohan Tri Waluyo berjanji mengawasi pelaksanaan program Rastrada yang dibiayai dari APBD 2022 sebesar Rp 14,8 miliar.

Yohan akan fokus pada dua aspek, yaitu sasaran distribusi beras dan kualitas beras.

"Saya minta Pemerintah Kota tidak main-main dalam hal mutu beras yang dibagikan, karena ini menyangkut anggaran yang tidak kecil," ujarnya saat meninjau gudang penyimpanan beras Rastrada, Kamis (7/4/2022).

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/08/155126378/jelang-lebaran-10814-keluarga-di-kota-blitar-dapat-bantuan-beras-masing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke