Salin Artikel

Jelang Porprov Jatim, Pembatasan Mobilitas di Lumajang Mulai Longgar

Hal tersebut terbukti dengan digelarnya Funbike bertajuk menyambut Porprov VII oleh Pemerintah kabupaten Lumajang, Minggu (20/3/2022).

Gelaran funbike tersebut dirancang Pemkab sejak jauh hari. Terlihat dari pamflet, banner, serta video promosi yang disebarkan semenjak satu bulan lalu.

Kasi Olahraga Rekreasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lumajang Galih Permadi mengatakan bahwa event tersebut dalam rangka mempromosikan kepada masyarakat bahwa akan ada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII yang akan dihelat di Lumajang. 

"Sebetulnya kegiatan fun bike ini sebagai sarana untuk memberitahu, akan ada event Porprov pada tanggal 25 Juni 2022 sampai 3 Juli 2022," kata Galih, Minggu (20/3/2022).

Pantauan di lapangan, jumlah peserta funbike tersebut mencapai 4.999, diketahui dari satu hadiah unit sepeda yang diberikan kepada peserta dengan nomor dada paling besar.

Banyaknya jumlah peserta yang mengikuti event tersebut, menurut Galih, telah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian dan diberikan izin keramaian.

"Tetap kita batasi, karena kami diizinkan kapolres itu 3.500 peserta. 3.000 peserta itu dari warga lokal sedangkan 500 orang sisanya itu dari luar daerah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Galih mengatakan bahwa gelaran yang mengumpulkan banyak orang di satu tempat tersebut adalah event perdana di Lumajang yang diberikan izin oleh pihak kepolisian.

"Ini menjadi kegiatan pertama yang diizinkan pihak kepolisian," ungkapnya.


Kartika (24), warga Desa Jambearum, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang mengaku kaget dengan adanya acara tersebut. Menurutnya, selama ini kegiatan masyarakat selalu dibatasi.

"Ini jadi kabar yang menakjubkan sekaligus menggegerkan karena selama ini mobilitas warga Lumajang seringkali dibatasi karena PPKM yang berlevel-level," ungkapnya.

Namun begitu, Kartika berharap pelonggaran mobilitas masyarakat tersebut tidak hanya untuk event yang digelar pemerintah saja, tapi bisa terus terjadi sampai akhir hari raya idul fitri.

"Ini merupakan angin segar khususnya bagi warga muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa agar bisa menjalani tradisi-tradisi yang biasa dilakukan di Bulan Ramadhan," harapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/20/201421678/jelang-porprov-jatim-pembatasan-mobilitas-di-lumajang-mulai-longgar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke