Salin Artikel

Diguyur Hujan 6 Jam, 4 Desa di Gresik Terendam Banjir

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito mengatakan, dari pantauan hingga pukul 12.50 WIB, empat desa yang terendam banjir yakni Desa Driyorejo, Krikilan, Bambe dan Cangkir.

"Tidak hanya rumah warga, namun fasilitas dan sarana umum juga tergenang air, meski saat ini sudah terpantau ada yang mulai surut," ujar Tarso saat dikonfirmasi, Jumat.

Tarso menjelaskan, ada 179 rumah warga di Desa Krikilan yang saat ini masih terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 20 hingga 60 sentimeter.

Termasuk jalan lingkungan sepanjang 1.100 meter tergenang dengan ketinggian air antara 20 hingga 50 sentimeter.

"Untuk Desa Driyorejo, ada 1.500 unit rumah yang tergenang dengan ketinggian air 10 sampai 20 sentimeter. Juga ada jalan lingkungan sepanjang 10.000 meter (yang tergenang), dengan ketinggian air sama," kata Tarso.

Sedangkan di Desa Bambe, ada sebanyak 89 rumah yang ada di Dusun Bambe tergenang dan jalan lingkungan sepanjang 400 meter, tergenang air antara 20 sampai 60 sentimeter.

Sedangkan di Dusun Sarirejo, ada sekitar 50 rumah yang terdampak banjir, dengan ketinggian air tidak jauh berbeda seperti di Bambe.

"Termasuk di Desa Cangkir, beberapa rumah warga dan jalan lingkungan juga tergenang air," ucap Tarso.

Tarso juga menambahkan, sekitar 206 warga terdampak banjir di Dusun Sarirejo, Desa Bambe, Kecamatan Driyorejo, harus mengungsi akibat bencana banjir yang terjadi.

Dengan rincian, sebanyak 133 orang merupakan warga RT 9 Dusun Sarirejo dan selebihnya dari warga RT 10.

Sementara Kapolsek Driyorejo Kompol Zunaedi sempat mengatakan, banjir yang terjadi di Desa Driyorejo dan di wilayah sekitarnya, dipicu hujan deras pada Kamis malam hingga menyebabkan aliran sungai meluap.

"Genangan air di Desa Driyorejo ini diakibatkan karena luapan air dari Sungai Kali Brantas, yang membentang di sebelah selatan Desa Driyorejo, karena hujan lebat yang terjadi selama enam jam," kata Zunaedi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/11/142517478/diguyur-hujan-6-jam-4-desa-di-gresik-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke