Salin Artikel

Longsor di Tol Pandaan-Malang, Ruas Jalan Tergenang, Pembatas Jalan Rusak

MALANG, KOMPAS.com - Longsor yang terjadi di ruas jalan Tol Pandaan-Malang kilometer 78, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (8/3/2022), mengakibat genangan air di jalur Surabaya-Malang.

Selain itu, fasilitas tol berupa pembatas jalan di titik longsor rusak.

"Akibat hujan deras, sehingga mengakibatkan debit air meningkat dan mengalir ke ruas jalan," kata Manajer Area Tol Malang-Pandaan Jasa Marga, Kaswa, saat ditemui di lokasi, Selasa malam.

Genangan air di ruas jalan itu berasal dari kawasan perkampungan di sekitar tol. Debit air di perkampungan melimpah sehingga meluber ke jalan tol. Air yang menggenangi ruas tol setinggi 10 sentimeter.

Kaswa belum bisa memastikan jumlah kerugian akibat peristiwa itu. Saat ini, personel Jasa Marga dan pihak kepolisian masih difokuskan untuk mengevakuasi material longsor agar arus lalu lintas segara pulih.

"Sementara ini, arus kendaraan dari arah Surabaya-Malang tutup total dan dialihkan ke exit tol Purwodadi. Sedangkan arus kendaraan dari Malang-Surabaya difungsikan satu lajur," jelasnya.

Diketahui, tiga titik longsor terjadi di Tol Pandaan-Malang, Selasa (8/3/2022) sekitar pukul 14.50 WIB. Tiga titik longsor itu berada di kilometer 78-900 arah Surabaya-Malang, kilometer 78-900 arah Malang-Surabaya, dan kilometer 78-800 B arah Malang-Surabaya.

"Peristiwa ini terjadi pukul 14.50 WIB, didahului hujan lebat. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini, hanya fasilitas tol berupa pembatas jalan pada tiga titik longsor itu rusak," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/08/212711578/longsor-di-tol-pandaan-malang-ruas-jalan-tergenang-pembatas-jalan-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke