Salin Artikel

Sudah 3 Bulan ASN Pemkab Lumajang Belum Terima TPP, Ini Alasannya

Biasanya dana TPP tersebut akan cair setiap awal bulan. Namun, nampaknya ASN di Kabupaten Lumajang harus bersabar lebih lama lagi. Pasalnya, belum ada kepastian kapan dana tersebut akan dicairkan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Lumajang Sunyoto mengatakan, telatnya pencairan TPP ini bukan disebabkan tidak adanya alokasi dana dalam APBD Lumajang.

Namun, Pemkab Lumajang masih menunggu persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri.

"Masih proses persetujuan dari Kemendagri," kata Sunyoto, Selasa (8/3/2022).

Setidaknya ada sekitar 6.314 ASN dari lintas sektor mulai dari lembaga pendidikan maupun pelayanan publik yang bekerja di Kabupaten Lumajang. Mereka belum menerima pencairan dana TPP.

Sebelumnya, pencairan dana TPP untuk pegawai di Pemkab Lumajang berjalan lancar. Bahkan, tahun lalu alokasi anggaran yang direalisasikan mencapai Rp 55,6 miliar dengan mempertimbangkan beberapa variabel yang mempengaruhinya.

Variabel tersebut seperti indeks disiplin pegawai, indeks aktivitas kerja, indeks nilai sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, indeks realisasi penyerapan belanja, indeks kepatuhan ASN, dan indeks kepatuhan OPD.

Lebih lanjut, Nyoto belum bisa memastikan kapan TPP tersebut cair ke masing-masing pegawai. Sebab, sampai saat ini pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Kemendagri.

“Nunggu rekomendasi turun,” jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/08/185213978/sudah-3-bulan-asn-pemkab-lumajang-belum-terima-tpp-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke