Salin Artikel

Beredar Pesan WhatsApp Atas Nama Wabup Malang Minta Sumbangan, Kadis Kominfo: Itu Hoaks

Salah satu warga menerima pesan dari orang yang mengaku sebagai Wabup Didik tersebut dan meminta sumbangan berupa uang untuk disalurkan ke masjid, yayasan, dan pondok pesantren. 

"Perkenalkan saya Pak H. Didik Gatot Subroto, selaku Wakil Bupati Malang. Saya menggalang donasi berupa uang untuk disalurkan kepada Masjid, Yayasan, dan Pondok Pesantren," tulis pesan tersebut dikutip Selasa (8/3/2022).

Pastikan hoaks

Kepala Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang, Johan Dwijo Saputro memastikan bahwa pesan tersebut adalah hoaks. 

"Iya, kami sudah mengetahui kabar itu. Kami pastikan bahwa pesan yang ditulis oleh nomor tidak dikenal itu tidak benar alias hoaks," ungkap Johan melalui sambungan telepon.

Johan menyebutkan, peristiwa itu sudah dua kali menimpa Didik bahkan juga beberapa pejabat lain di lingkungan Kabupaten Malang.

"Dulu Bupati Malang HM Sanusi juga pernah mengalami peristiwa yang sama. Tapi syukurnya hingga saat ini belum ada korban yang terperdaya dengan pesan semacam itu, meskipun mengatasnamakan pejabat Kabupaten Malang," jelasnya.

Untuk saat ini, pihaknya belum berniat mengambil langkah hukum dengan melaporkan ke polisi.

Namun, menurutnya, Pemkab Malang telah mengimbau lewat pamflet dan disebarkan kepada masyarakat agar waspada terhadap pesan-pesan semacam itu.

"Kami akan melihat perkembangan dulu untuk mengambil langkah hukum," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/08/153732478/beredar-pesan-whatsapp-atas-nama-wabup-malang-minta-sumbangan-kadis-kominfo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke