Salin Artikel

Sudah 6 Hari Pasokan Listrik di Madura Terganggu, PLN Upayakan Penormalan Secepatnya

PLN sampai saat ini terus melakukan penelusuran penyebab gangguan pada Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Ujung - Bangkalan itu untuk memastikan lokasi titik yang menyebabkan pasokan listrik terganggu.

"Setelah dilakukan pengujian oleh Tim Emergency Recovery System dengan menggunakan teknologi alat Fault Locator, dugaan sementara lokasi gangguan berada telah ditemukan," kata Manager PLN UP3 Pamekasan, M Farqi Faris dalam keterangan resminya, Kamis (3/3/2022).

Pengujian dilakukan dengan bantuan Fault Locator sejak hari ketiga pasca-gangguan.

Penelusuran mendapatkan hasil prediksi kuat lokasi sementara titik gangguan berada.

Dari pengujian, Joint Box 3 (JB3) sampai JB5 dalam tahap pembongkaran. Untuk JB6 sampai JB13 sudah dilakukan pengujian dan hasilnya aman.

"Saat ini, proses pembongkaran jalan tempat titik sambung dari kabel SKTT yang berada di JB5 tepat di depan pintu masuk jembatan Suramadu sudah dilakukan dan JB 5 sudah bisa kami lihat," ujar dia.

"Selanjutnya akan dilakukan pengujian untuk kemudian dapat ditentukan langkah perbaikan yang harus ditempuh, sehingga pengerjaan dapat lebih cepat dilakukan", jelasnya.

Farqi menambahkan, pembongkaran yang dilakukan PLN tetap mematuhi pengaturan rekayasa lalu lintas agar pengguna jalan tetap dapat melintasi jalur jalan.


Tak hanya itu, hingga hari ini PLN terus menggencarkan pembagian emergency lamp kepada Pondok Pesantren, Masjid, Puskesmas, dan fasilitas pelayanan publik lainnya.

Tercatat sebanyak 4.950 emergency lamp telah terdistribusikan kepada masyarakat.

"Pembagian emergency lamp ini bertujuan untuk memberikan penerangan sementara selama masa recovery gangguan," tutur dia.

Di sisi lain, PLN Peduli juga menyalurkan bantuan 600 paket sembako kepada masyarakat Kabupaten Sampang dan Kabupaten Pamekasan pada Kamis (3/3/2022) yang terdampak banjir akibat tingginya curah hujan sejak Minggu malam.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/03/203346578/sudah-6-hari-pasokan-listrik-di-madura-terganggu-pln-upayakan-penormalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke