Salin Artikel

Kunjungi Sumenep, Puan Dibonceng Khofifah Pakai Motor Keliling Pulau Gili Iyang

Di pulau yang terkenal memiliki kadar oksigen tertinggi di dunia setelah Jordania itu, Khofifah membonceng Puan dengan motor mengelilingi sejumlah lokasi wisata.

Di pulau tersebut, Khofifah juga memamerkan buah Srikaya yang memiliki ciri khas sendiri yakni memiliki ukuran yang relatif besar, bercita rasa legit serta daging buahnya tebal dan kesat.

"Mumpung Mbak Puan lagi ke Jawa Timur, saya tunjukkan semua keunikan yang dimiliki Madura, yakni pesona Gili Iyang dan buah Srikaya khas Madura," kata Khofifah melalui keterangan resminya, Kamis sore.

Khofifah berharap, kehadiran cucu Presiden pertama RI tersebut dapat memancing kunjungan wisatawan ke Pulau Gili Iyang.

"Gili Iyang adalah lokasi wisata sehat, membuat awet muda dan panjang umur. Di situ banyak masyarakat berusia lebih dari 100 tahun," terang Khofifah.


Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan LAPAN (2006), diketahui kadar oksigen di Gili Iyang dalam kondisi normal yaitu sebesar 20,9 %.

Artinya di dalam volume 1 liter udara bebas terkandung 0,209 liter oksigen. Persentase tersebut lebih baik dari kondisi udara daerah-daerah lain di Indonesia.

"Semoga lain waktu, wisatawan lainnya berkesempatan mengunjungi Gili Iyang. Fenomena oksigen ini tidak ada di pulau lain, cuma ada di Gili Iyang, Sumenep, Jawa Timur," tambah dia.

Khofifah menambahkan, jika keberadaan Gili Iyang semakin banyak diketahui publik, maka jumlah wisatawan yang datang pun akan semakin banyak.

Dengan begitu, perekonomian masyarakat setempat pun dapat ikut terdongkrak.

"Kami harap potensi wisata ini makin berkembang dengan adanya Pelabuhan Dungkek yang sudah selesai pengerjaannya. Selain itu, ini juga sebagai pendorong bagi kebangkitan ekonomi di Sumenep, yang tentunya berdampak pada sektor lain utamanya pariwisata," jelas Khofifah.

Selain Gili Iyang, potensi wisata di Sumenep yang tidak kalah menariknya yaitu Gili Labak, sekitar 30 menit dari Dungkek yang keindahannya tak kalah dengan kawasan Raja Ampat di Papua. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/03/184621678/kunjungi-sumenep-puan-dibonceng-khofifah-pakai-motor-keliling-pulau-gili

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke