Salin Artikel

Pilpres 2024, Gerindra: Kami Sedang Menunggu Jawaban Pak Prabowo

SURABAYA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, saat ini kader Partai Gerindra dalam posisi menunggu jawaban Ketua Umum Prabowo Subianto untuk dicalonkan sebagai presiden pada Pilpres 2024.

"Kader Partai Gerindra khususnya Jawa Timur sudah meminta kepada Pak Prabowo, dan sekarang posisinya sedang menunggu jawaban," katanya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (25/2/2022) malam.

Setelah mendapatkan jawaban dari Menteri Pertahanan RI tersebut, pihaknya akan melangkah pada tahapan menjaring koalisi dan menentukan calon wakil presiden.

"Urut-urutannya demikian. Jadi saat ini kami sedang dalam posisi menunggu jawaban," jelasnya.

Sementara itu, elektabilitas Prabowo Subianto tercatat unggul di sejumlah lembaga survei.

Hasil Survei Kepemimpinan Nasional yang diselenggarakan Litbang Kompas pada 17-30 Januari 2022 menunjukkan nama Prabowo Subianto berada di posisi teratas dengan angka 26,5 persen.

Elite parpol lain yang masuk bursa Pilpres adalah dua ketua DPP PDI-P, yakni Tri Rismaharini dan Puan Maharani, masing-masing mengantongi elektabilitas 2,6 persen dan 0,6 persen.

Beberapa nama elite partai yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden justru tidak tercantum pada survei ini. Seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Giring Ganesha.

Adapun sejumlah nama non-elite partai politik yang tercatat masuk dalam hasil survei Litbang Kompas, di antaranya ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (20,5 persen) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (14,2 persen).

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/26/065852378/pilpres-2024-gerindra-kami-sedang-menunggu-jawaban-pak-prabowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke