Salin Artikel

34 Rumah Warga di Gresik Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito mengatakan, sebelum musibah angin puting beliung, hujan lebat bercampur angin kencang melanda Kecamatan Wringinanom sekitar pukul 14.15 WIB.

"Kemudian sekitar pukul 15.00 WIB, terjadi angin puting beliung yang menyebabkan beberapa rumah warga di Desa Sumberame, Kecamatan Wringinanom, mengalami kerusakan pada bagian atap," ujar Tarso, Rabu (23/2/2022).

Tarso menjelaskan, 34 rumah warga itu rusak di bagian atap, yakni empat rumah warga di Dusun Sumberame, delapan rumah di Dusun Karanggayam, 20 rumah di Dusun Sumberjalin, serta masing-masing satu rumah di Dusun Rejosari dan Grompol.

"Kerusakan paling parah dialami rumah Bapak Kusnanto di Dusun Sumberjalin, di mana sekitar 50 persen atap genteng rumahnya mengalami kerusakan," tutur Tarso.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi, dengan kerugian material diperkirakan oleh BPBD Gresik mencapai sekitar Rp 26 juta.

Pasca-kejadian, BPBD Gresik juga telah melakukan koordinasi dengan Pemdes Sumberame bersama Forkopimcam Wringinanom.

"Pendataan dampak bencana juga sudah kami lakukan," ucap Tarso.

Sebelumnya, hujan deras bercampur angin kencang juga sempat melanda kawasan Gresik selatan lainnya, tepatnya di Kecamatan Driyorejo dan Balongpanggang, pada Senin (21/2/2022) lalu.

Dengan musibah tersebut, juga sempat mengakibatkan bangunan dan rumah warga rusak.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/23/155924978/34-rumah-warga-di-gresik-rusak-diterjang-angin-puting-beliung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke