Salin Artikel

RS Lapangan Ijen Penuh, Isoter SKB Malang Mulai Terisi Pasien Covid-19

Hingga Selasa (22/2/2022) sore, terdapat 39 pasien yang menempati isoter tersebut.

Terpantau mobil ambulans silih berganti datang dan keluar untuk menjemput pasien.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko yang meninjau tempat tersebut mengatakan, keterisian isoter SKB cenderung meningkat. 

Meski demikian, ia memastikan pelayanan bagi para pasien Covid-19 tetap maksimal. 

"Saya cek kondisinya bagaimana makan siang, makan paginya, alhamdulillah mereka semua merasa puas terhadap layanan yang diberikan, begitu juga dengan pemberian obat-obatan dilakukan dengan baik," ungkap Edi, Selasa.

Saat ini tersisa 13 tempat tidur yang masih kosong. 

Sementara untuk RSUD Kota Malang, kata dia, terisi 15 tempat tidur dengan sisa yang kosong 23 tempat tidur. 

"Maka tren kenaikannya nyata, isoter RS Lapangan Ijen tinggal menyisakan 12 tempat tidur (dari 320 tempat tidur)," katanya.

Meski demikian, Edi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang. Pihaknya akan menyiapkan pelayanan telemedicine bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah. 

"Masyarakat jangan panik, pemerintah akan memberikan kebijakan isoman untuk diperlakukan dengan baik, sehingga layanan masyarakat di rumah-rumah akan dilakukan bersama penanganannya dengan telemedicine termasuk pemberian obat-obatan," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif mengatakan, pasien dengan gejala ringan yang dirawat di isoter SKB akan menghabiskan masa pemulihan 13 hari.

Sedangkan pasien tanpa gejala 10 hari. 

"Yang pasien tanpa gejala disini karena rumahnya tidak memenuhi syarat seperti kamarnya harus sendiri, begitu juga dengan kamar mandinya sehingga ditempatkan di sini," katanya.

Husnul mengungkapkan, kasus aktif Covid-19 di Kota Malang saat ini mencapai 2.792 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 2.332 orang menjalani isoman di rumah.

Kendati isoter meningkat, Husnul menuturkan, terdapat penurunan BOR (bed occupancy rate) atau keterisian tempat tidur di RS rujukan Covid-19 Kota Malang. 

Untuk saat ini, BOR berada di kisaran 60 persen. Jumlah ini turun dibandingkan 15 Februari lalu yang mencapai 73 persen. 

"Jadi dari 15 Februari ke 20 Februari kecenderungannya menurun, terakhir tanggal 20 itu BOR RS berada pada angka 63 persen," katanya.

Untuk diketahui, ada 10 RS rujukan Covid-19 di Kota Malang yakni RS Saiful Anwar (RSSA) Malang, RSI Aisyiyah, RS Lavalette, RS Panti Waluyo RKZ, RS Hermina, RST Soepraoen, RS Unisma, RSUD Kota Malang, Persada Hospital, dan RS Panti Nirmala.

Sementara untuk positivity rate atau rasio orang yang positif dengan dites adalah 9,68 persen, melampau standar WHO yakni 5 persen. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/22/192130578/rs-lapangan-ijen-penuh-isoter-skb-malang-mulai-terisi-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke