Salin Artikel

Mensos Risma Serahkan Santunan ke Ahli Waris Korban Erupsi Semeru

Kali ini kedatangan Risma ke Penanggal untuk memberikan santunan ahli waris korban meninggal tahap 2.

Risma menyebut, proses pencarian ahli waris korban erupsi Semeru tidak mudah karena banyak yang sudah mengungsi di rumah keluarganya atau ke luar kota.

"Proses mencari ahli waris ini tidak mudah. Karena ada yang sudah mengungsi ke keluarganya di Lumajang maupun ke luar kota," kata Risma di lokasi pengungsian, Senin. 

Mantan wali kota Surabaya itu mengatakan, bantuan yang dibawa pada tahap II ini ada 24 santunan. Sedangkan tahap pertama ada 17 santunan.

Santunan yang diberikan sebesar Rp 15 juta dan sembako.

"Tadi ada 24 orang dan kemarin 17 orang ahli waris, nanti kita improve terus supaya mereka bisa cepat memulihkan ekonomi keluarga," terangnya.

Risma yang sempat berdialog bersama warga di dalam posko pengungsian juga berpesan kepada para penyintas untuk tetap produktif saat menempati huntara.

"Kalau bapak bekerja, dan ibu bisa ikut membuat produk, saya akan membantu memasarkan supaya bisa usaha. Selain itu tetap menerima bantuan sosial," kata  Risma kepada pengungsi.

Selain itu, untuk mendorong proses pemulihan ekonomi, Risma juga berjanji akan membantu proses pemasaran dari produk yang dihasilkan warga.

"Nanti ada pelatihan, dan saya akan bantu memasarkan. Meskipun saya tidak ada di sini, karena bisa pakai online untuk memasarkan," terang Risma.

Sementara itu, terkait fenomena kelangkaan minyak goreng nasional, Risma mengatakan pasokan minyak goreng untuk lokasi pengungsian aman.

"Kalau yang di sini bisa kita penuhi. Kebutuhannya juga tidak besar," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/21/210706878/mensos-risma-serahkan-santunan-ke-ahli-waris-korban-erupsi-semeru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke