Salin Artikel

Satu Warga Kabupaten Blitar Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron

BLITAR, KOMPAS.com - Seorang warga di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, diketahui terinfeksi Covid-19 varian Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium di Universitas Airlangga Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Endah Woro Utami mengatakan, warga yang positif Omicron itu berasal dari Kecamatan Garum dan berusia 35 tahun.

"Sejauh ini baru satu kasus itu yang varian Omicron. Tapi setiap hari kita kirimkan sampelnya ke laboratorium di Unair untuk pemeriksaan genome squencing," ujar Woro kepada Kompas.com, Selasa (8/2/2022) petang.

Woro mengatakan, deteksi infeksi varian Omicron pada warga yang tidak disebutkan jenis kelaminnya itu diketahui dari pengujian laboratorium Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya.

Menurutnya, warga yang terinfeksi varian Omicron itu baru saja melakukan perjalanan ke luar kota sebelum diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hasilnya diketahui pekan lalu. Kalau kondisi yang bersangkutan dapat dikatakan sebagai OTG (tanpa gejala)," jelasnya.

Sementara kasus infeksi lainnya yang terjadi akhir-akhir ini mayoritas dapat dikategorikan sebagai varian Delta yang banyak menyebar selama puncak penularan di Bulan Juli-Agustus tahun lalu.

34 kasus baru

Berdasarkan laporan harian Satgas Covid-19, terdapat 34 kasus konfirmasi baru di Kabupaten Blitar hari ini, Selasa. Sehingga kasus aktif bertambah menjadi 54 orang.

Woro mengatakan, dari 34 kasus baru tersebut, sebanyak 12 kasus terjadi di luar Blitar, namun pasien tersebut ber-KTP Kabupaten Blitar sehingga pencatatannya masuk di Kabupaten Blitar.

Sisanya, 22 kasus berasal dari warga Kabupaten Blitar yang ada di Blitar.


"Klaster penularan sebagian sedang kami dalami, tapi memang beberapa adalah klaster sekolah, termasuk beberapa sekolah di Kota Blitar," jelasnya.

Menurut Woro, dari 54 kasus aktif itu, sebanyak 11 orang harus menjalani perawatan di rumah sakit karena tergolong bergejala sedang.

"Untuk yang bergejala sedang memang harus dirawat di rumah sakit guna mencegah kondisinya memburuk dan menjadi berat," kata dia.

Hingga kini, total akumulasi kasus Covid-19 Kabupaten Blitar mencapai 11.019 kasus dengan tingkat kesembuhan 84,67 persen.

Dengan total kasus kematian sebanyak 1.635, Kabupaten Blitar masih merupakan daerah di Jawa Timur dengan angka kematian tertinggi, yakni 14,83 persen.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/08/212328078/satu-warga-kabupaten-blitar-terinfeksi-covid-19-varian-omicron

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke