Salin Artikel

164 RS di Jatim Kembali Buka Layanan bagi Pasien Covid-19

"Saat ini 164 rumah sakit di Jatim kembali membuka layanan pasien Covid-19. Isoter juga kembali direaktivasi," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam keterangannya, Minggu (6/2/2022).

Kendati demikian, Khofifah meminta agar warga tak panik dan tetap waspada. Ia memastikan pemerintah akan bekerja keras melindungi keselamatan dan kesehatan warga. 

Mantan menteri sosial ini juga menjelaskan kesiapan isolasi terpusat (isoter) untuk memfasilitasi pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau pun tanpa gejala. 

"Saya ingin memastikan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala mendapatkan perawatan di isoter-isoter seperti ini. Termasuk kemarin saya ke RS Ijen Boulevard di Malang (yang disiapkan) untuk pasien gejala ringan dan tanpa gejala," ucapnya.

Menurutnya, pasien Covid-19 juga dapat melakukan isolasi mandiri (isoman) apabila rumahnya memungkinkan sebagai tempat isoman, yakni memiliki kamar tidur dan kamar mandi terpisah.

"Tetapi kalau misalnya isolasi di rumah dikhawatirkan berpotensi terhadap kemungkinan transmisi, maka silakan ke isoter," tuturnya. 

Khofifah mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu menjalankan disipilin protokol kesehatan (prokes).

Terlebih, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin telah memprediksi puncak lonjakan kasus Covid-19 terjadi pada minggu ketiga bulan Maret 2022.

"Seiring melonjaknya kasus covid-19 sejak awal Februari ini, mohon masyarakat makin ketat menjaga disiplin protokol kesehatan. Sebab, menurut prediksi Menkes kemungkinan puncaknya pada minggu ketiga Maret 2022," ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/07/121725378/164-rs-di-jatim-kembali-buka-layanan-bagi-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke