Salin Artikel

Muncul Klaster Sekolah di Kota Blitar, Wali Kota Pastikan PTM 100 Persen Terus Berjalan

BLITAR, KOMPAS.com - Wali Kota Blitar Santoso menegaskan, kemunculan kasus Covid-19 klaster penularan SMK Farmasi Indonesia Putera belum menjadi pertimbangan untuk menghentikan pelaksanaan PTM 100 persen, utamanya di jenjang pendidikan TK, SD dan SMP.

Santoso mengatakan, meski sekolah berada di wilayah Kota Blitar, namun mayoritas siswa SMK tersebut berasal dari luar daerah, terutama Kabupaten Blitar.

"Jadi kita harus melihat substansinya. Kalau memang yang terjadi masalah di sekolah tingkat SLTA, dan di tingkat SMP dan SD nggak ada masalah, kan kasihan mereka kalau dihentikan PTM 100 persennya," ujar Santoso kepada wartawan, Rabu (2/2/2022).

Pendidikan tingkat SLTA, termasuk sekolah menengah kejuruan (SMK), berada di bawah pengawasan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui kantor cabang pendidikan di Kota dan Kabupaten Blitar. Pemerintah Kota Blitar bertanggungjawab hanya pada pendidikan TK, SD dan SMP melalui Dinas Pendidikan setempat.

"Kasihan sudah lama mereka belajar secara daring dan belum lama memulai PTM 100 persen. Kasihan pengelola harus mengejar target kurikulum," tambahnya.

Menurut Santoso, target yang harus dicapai dari kurikulum pendidikan di berbagai jenjang sekolah lebih efektif melalui pembelajaran tatap muka (PTM).

Apalagi, kata dia, kasus tersebut terjadi di SMK yang tidak berada dalam bimbingan Pemerintah Kota Blitar, namun di bawah pemerintah provinsi.

"Karena SMK ini kan memang kewenangannya di provinsi. Tapi karena tempatnya di Kota Blitar, supaya tidak merebak, harus ditangani, ditutup dulu sementara," ujarnya.

Santoso mengatakan pihaknya tetap mewaspadai risiko terjadinya penularan lebih luas di Kota Blitar.

Terkait pelaksanaan PTM 100 persen di jenjang TK, SD dan SMP, Santoso mengeklaim adanya evaluasi rutin guna mendeteksi dini kemungkinan munculnya kasus Covid-19.

Santoso menegaskan, Kota Blitar hingga saat ini masih merupakan salah satu daerah yang menerapkan PPKM Level 1 sejak pertama kali dicanangkan sebagai daerah percontohan penanganan pandemi Covid-19.

"Kita juga masih berstatus sebagai daerah zona hijau," ujarnya merujuk pada predikat zona hijau risiko penularan Covid-19 dan merupakan satu-satunya daerah zona hijau di Jawa Timur.

Diberitakan sebelumnya, PTM 100 persen di SMK Farmasi Kota Blitar dihentikan selama dua pekan setelah delapan siswanya positif Covid-19.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/02/143204378/muncul-klaster-sekolah-di-kota-blitar-wali-kota-pastikan-ptm-100-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke