Salin Artikel

Viral, Video Penumpang Pikap Marahi dan Usir Pengendara Sepeda Motor di Jembatan Cangar, Ini Kata Polisi

Dalam video berdurasi 26 detik tersebut tampak seorang pria penumpang pikap bernomor polisi W 8501 DX, marah-marah pada sejumlah pemuda pengendara sepeda motor.

Pria itu mengeluarkan sebagian tubuhnya dan meminta mereka tak parkir sembarangan di pinggir jembatan yang merupakan akses untuk umum.

"Woy, guduk tempat parkir, tak tabrak (ini bukan tempat parkir nanti ketabrak)," ujarnya pria penumpang mobil pikap yang tidak diketahui identitasnya itu.

Video itu tersebar di beberapa akun media sosial Instagram seperti @dolen.malang, @explore_batumalang, @jelajah_batu, @amazingmalangnews dan lainnya.

Adapun peristiwa itu diketahui terjadi di Jembatan Cangar, perbatasan antara Batu dan Mojokerto, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com, video tersebut diambil oleh pemilik akun Instagram @ozie_pictures pada Minggu (23/1/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

Penjelasan Kasatlantas

Menanggapi kejadian tersebut, Kasatlantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani SIK mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh penumpang mobil pikap.

Hal itu dia nilai sebagai bentuk kepedulian dari masyarakat.

"Dari video itu kelihatan bahwa pengemudi mobil menegur pemuda pengendara sepeda motor yang berhenti dan parkir di pinggir jembatan," kata Indah, Selasa (25/1/2022).


Indah mengatakan, Jembatan Cangar bukan tempat untuk berwisata seperti nongkrong, berfoto, berpacaran dan lainnya.

Sehingga jika ada pengendara motor yang berhenti meski di pinggir jalan jembatan akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

"Seharusnya mereka bisa melakukan kegiatan positif yang lebih bermanfaat atau berwisata di tempat yang aman, bukan nongkrong dan parkir di tengah-tengah jembatan yang bisa membahayakan dan mengganggu pengguna jalan yang lain," ujarnya.

Patroli rutin

Pihaknya sebenarnya sudah melakukan kegiatan patroli di lokasi tersebut secara rutin.

Polisi juga telah memberikan imbauan dan teguran kepada pengendara motor yang kerap  berhenti sembarangan di pinggir jembatan.

Selain itu pemasangan rambu dan banner larangan parkir berhenti di jembatan juga sudah dilakukan.

"Karena memang sangat membahayakan masyarakat itu sendiri serta mengganggu pengguna jalan yang lain. Juga memicu kemacetan serta rawan kecelakaan," dia.

Ke depan pihaknya akan melakukan penindakan tegas seperti penilangan jika didapati masih banyak pelanggar.

Indah juga berharap orangtua berperan aktif membantu memberitahu anak-anaknya supaya tidak melakukan hal serupa.

"Harapannya adik-adik pemuda kita bisa sadar akan keselamatan mereka sendiri, baik mematuhi aturan lalu lintas dan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/25/125253678/viral-video-penumpang-pikap-marahi-dan-usir-pengendara-sepeda-motor-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke