Salin Artikel

Sakit Kronis, Eks Pemain Timnas U-16 Ahmad Afi Kini Kurus Kering, Didiagnosis Penyumbatan Otak

Kini tubuh warga Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur itu kurus kering dan hanya bisa tergolek lemah di tempat tidurnya.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Sukomanunggal Surabaya Heri Suprianto mengatakan Afi, didiagnosis mengalami penyumbatan di otak.

Sempat menjalani pengobatan di rumah sakit, Afi akhirnya dirawat oleh keluarga di rumah.

"Dia sempat dirawat di RS Dr Ramelan Surabaya selama dua bulan dan didiagnosa ada penyumbatan di otaknya dan saat akan dilakukan tindakan operasi keluarganya menolak, bahkan dia dibawa pulang dan hanya dirawat sendiri oleh orangtuanya," kata Heri, Rabu (19/1/2022).

Jatuh di rumah

Heri yang terus mengawal kondisi Afi, menceritakan awal mula penyakit Afi adalah setelah dia jatuh di rumahnya sendiri.

"Afi ini atlet sepak bola yang sempat tergabung di Timnas U-16. Dia sakit kronis seperti sekarang ini setelah jatuh di dalam rumahnya," kata dia.

Heri mulanya sedang mengecek kondisi kakek Afi yang sedang sakit.

Ketika hendak pulang, Heri melihat Afi tergeletak di atas kasur.

"Setelah itu saya laporkan kepada lurah, camat, dan puskesmas, dan ternyata sampai ke atas dan hari ini Ibu Wali Kota datang langsung ke sini. Semoga setelah diobati di Soewandhie, adik Afi bisa segera pulih," tutur dia.

"Melalui cara itu, nanti bisa diketahui juga apa saja yang harus kami lakukan untuk membantu Adik Afi ini, yang pasti kami akan terus dampingi hingga dia sembuh. Jadi, mohon doanya agar Adik Afi bisa lebih baik lagi ketika mendapatkan pengobatan dari Rumah Sakit Soewandhie," kata Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi.

Istri Wali Kota Surabaya itu datang ke rumah Afi bersama ambulans yang siap mengantar Afi melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Soewandhie.

Afi pun mendapatkan bantuan berupa tempat tidur medis untuk memudahkan keluarga merawat Afi.

"Salah satu yang sudah dibantu adalah tempat tidur medis yang diberikan kepada Adik Afi supaya aktivitas sehari-harinya bisa lebih mudah dan yang jaga juga lebih gampang," kata Rini.

Masuk dalam daftar MBR

Selain itu, keluarga Afi kini dimasukkan ke dalam database masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dengan demikian, keluarga Afi bisa memperoleh bantuan dari Pemkot Surabaya.

Rini berharap seluruh warga Kota Surabaya yang mengetahui ada tetangga atau saudaranya yang sakit kronis, langsung melaporkan kepada Pemkot Surabaya, baik melalui media sosialnya pemkot atau menghubungi Command Center 112.

"Saya mohon kita bersama-sama bergerak, jangan sampai ada Adik Afi lagi di Surabaya ini, mohon doanya untuk semuanya supaya Surabaya lebih baik lagi," kata Rini.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Surabaya, Ghinan Salman | Editor: Dheri Agriesta)

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/21/101803178/sakit-kronis-eks-pemain-timnas-u-16-ahmad-afi-kini-kurus-kering-didiagnosis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke