Salin Artikel

1 Siswa SMAN 22 Surabaya Positif Covid-19, Sekolah Kembali Daring

KOMPAS.com - Satu orang siswa di SMAN 22 Surabaya, Jawa Timur, dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR. Akibatnya, pembelajaran di sekolah itu kembali dilaksanakan secara daring.

"Hasilnya positif swab PCR keluar kemarin dan siswa yang bersangkutan langsung isolasi. Sehingga pembelajaran sekolah yang bersangkutan untuk sementara dilakukan secara daring," kata Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Nanik Sukristina seperti dikutip dari TribunJatim, Selasa (18/1/2022).

Selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait kelanjutan aktivitas pembelajaran di sekolah itu. Sebab, Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

"Hari ini sudah dilakukan secara daring. Kasus ini baru ditemukan untuk satu siswa ini dan kami harap menjadi kasus yang terakhir," katanya.

Meski begitu, pada prinsipnya, pelaksanaan pembelajaran di sekolah mengacu pada SKB 4 menteri. Menurutnya, di dalam SKB itu sudah diatur mekanisme Pembelajaran Tatap Muka (PTM), termasuk soal penghentian sementara PTM apabila ada siswa terkonfirmasi positif Covid-19.

Sementara itu, pihaknya sudah melakukan langkah pelacakan kontak terkait dengan temuan siswa positif Covid-19. Sudah ada 92 orang kontak erat yang sudah menjalani tes PCR. Mereka terdiri dari guru, siswa dan pihak keluarga siswa.

"Kami lakukan swab PCR kepada 56 guru, 36 siswa yang satu kelas dengannya, dan 15 dari pihak keluarga hari ini. Hasilnya akan keluar dalam waktu dekat," katanya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa SMAN 22 Kota Surabaya akan segera memulai PTM lagi.

"Per hari ini diliburkan semua, karena ada yang terkonfirmasi positif. Jadi yang terjadi di SMAN 22 Kota Surabaya ini bukan lockdown, hari ini diliburkan untuk bisa diatur kembali besok, insya Allah PTM akan berjalan," kata Khofifah saat berkunjung ke Pasar Bluto Kabupaten Sumenep, Selasa.

Khofifah mengatakan, siswa yang akan menjalani pembelajar secara daring hanya siswa yang berada satu kelas dengan siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Yang satu kelas dengan siswa yang terkonfirmasi positif itu yang dilakukan secara daring," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Satu Siswa SMAN 22 Surabaya Positif Covid-19, Dinkes Surabaya Swab 92 Orang Kontak Erat

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/18/232807978/1-siswa-sman-22-surabaya-positif-covid-19-sekolah-kembali-daring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke