Salin Artikel

Antisipasi Omicron, Wali Kota Blitar Waspadai Gelombang Kepulangan Pekerja Migran

Menurutnya, pekerja migran asal Kabupaten Blitar merupakan salah satu pemasok PMI terbesar nasional. 

"Diprediksi tidak lama lagi pekerja migran kita ini banyak yang akan pulang terutama dari wilayah kabupaten, maka kita perlu ekstra hati-hati," ujar Santoso kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Selain kepulangan PMI, Santoso menyebutkan titik rawan penyebaran Covid-19 dari sejumlah destinasi wisata terutama makam Presiden ke-1 RI Soekarno yang menjadi tujuan peziarah dari berbagai daerah setiap hari.

Menurutnya, Satgas Covid-19 akan segera kembali melakukan langkah-langkah intensif guna memastikan kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan.

Kata Santoso, disiplin protokol kesehatan merupakan pelindung paling efektif menghadapi penularan Covid-19 termasuk varian Omicron.

"Kita akan kembali mengingatkan warga masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan di tempat-tempat umum. Kalau ada yang melanggar kita perlu mengingatkan kembali mereka," ujarnya.

Santoso juga mengklaim bahwa Kota Blitar siap mengahadapi varian tersebut. 

Kesiapan ini, kata dia, dibuktikan dengan keberhasilan melewati libur Natal dan Tahun baru tanpa kasus Covid-19.

"Tidak terjadi ledakan kasus selama Natal dan Tahun Baru. Bukan ledakan, bahkan Kota Blitar dapat bertahan nol kasus selama Oktober, November dan Desember," ucapnya. 

Santoso memastikan belum ada temuan kasus Omicron di Blitar meski mulai menyebar di sejumlah daerah di Jatim. 

Meski demikian, lanjut Santoso, pihaknya tetap bersiap menghadapi segala kemungkinan termasuk menyiapkan tempat tidur khusus di rumah sakit, rumah isolasi dan fasilitas karantina.

Sementara terkait cakupan vaksin, menurutnya, capaian Kota Blitar juga sudah mencukupi sehingga dapat dilihat sebagai bagian dari kuatnya perlindungan warga pada penyebaran varian Omicron. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/17/150620678/antisipasi-omicron-wali-kota-blitar-waspadai-gelombang-kepulangan-pekerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke