Salin Artikel

Khofifah: Pengungsi Semeru Bisa Tempati Hunian Sementara Sebelum Lebaran

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan hunian sementara untuk pengungsi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang bisa ditempati sebelum lebaran tahun ini.

"Insyaallah, satu setengah bulan ke depan, Huntara ini selesai dan Lebaran tahun ini bisa segera ditempati," kata Khofifah melalui keterangan resminya saat mendampingi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meninjau progres pembangunan hunian sementara di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jumat (14/1/2022).

Khofifah mengatakan, proses pembangunan hunian sementara terus dikebut, termasuk dalam hal penyediaan instalasi listrik dan saluran air bersih.

"Fasilitas umum yang nanti disediakan cukup lengkap, ada masjid, kandang terpadu, TPQ, madrasah, sekolah, balai pertemuan, pasar hingga lahan pemakaman," terangnya.

Total lahan yang disediakan untuk hunian sementara itu seluas 81 hektar. Lahan tersebut adalah lahan milik Perhutani. Dari lahan tersebut, rencananya akan didirikan 2.000 unit hunian sementara pada tahap pertama.

Sebanyak 1.951 kepala keluarga akan menempati lahan hunian sementara tersebut.

Setiap kepala keluarga menempati rumah seluas 6x4,8 meter. Rumah tersebut terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan fasilitas lainnya.

Sementara itu, pemerintah juga menyiapkan lahan seluas 90,98 hektar untuk lokasi hunian tetap dan hunian sementara warga korban erupsi Semeru.

Lahan tersebut berada di dua desa yang ada di Kabupaten Lumajang. Yakni Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro dan Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo.

Penetapan lahan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Penggunaan Kawasan Hutan (PKH) yang berisi persetujuan penggunana lahan milik Perhutani Nomor 1256/MENLHK/ SETJEN/ PLA:/12/2021.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/14/154649778/khofifah-pengungsi-semeru-bisa-tempati-hunian-sementara-sebelum-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke