Salin Artikel

Kawanan Hiu Tutul Muncul di Perairan Probolinggo, Terlihat oleh Nelayan dan Wisatawan

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Kawanan hiu tutul muncul di perairan wilayah Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Kawanan hiu tutul itu sudah dua pekan terakhir berada di perairan itu dan dijumpai oleh nelayan serta wisatawan.

Asin, seorang nelayan asal Dringu mengaku kerap menjumpai kawanan hiu tutul itu. Mereka terlihat memakan plankton.

Asin menyebut kemunculan hiu tutul sudah biasa. Menurutnya, satwa dengan nama latin Latin Rhincodon itu memang kerap muncul saat musim hujan.

Hiu itu disebutnya sedang mencari perairan yang hangat dan nyaman sehingga sering berada di perairan Kabupaten Probolinggo.

"Iya, ada kawanan hiu sejak akhir tahun lalu. Kawanan hiu itu sering muncul di perairan Probolinggo,” kata Asin kepada Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Ketua Pokdarwis Kalisalam, Dringu, Saifullah menyebut, hiu juga terlihat di Pantai Pesona. Sejumlah wisatawan di pantai itu telah melihat kawanan hiu yang berada dekat dengan pantai.

Saifullah mengatakan, awalnya ada sekitar tiga sampai lima ekor hiu. Belakangan diketahui bahwa jumlahnya mencapai hingga 20 ekor.

"Sejumlah hiu tampak tenang dan berenang di perairan. Tidak mengganggu nelayan dan wisatawan. Kawanan hiu makan plankton. Hiu ini menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan," ujar Saifullah.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI BKSDA Jatim, Mamat Ruchimat mengatakan, kawanan hiu memang kerap muncul di perairan Probolinggo pada musim hujan.


Sejauh ini pihaknya hanya melakukan pemantauan. Selama tidak terdampar dan tidak ada konflik dengan nelayan, kawanan hiu diberi kebebasan berada di perairan.

"Kalau kita perhatikan beberapa tahun terakhir, mereka punya jadwal. Mereka sepertinya safari ke perairan Probolinggo. Kedatangannya bisa karena alam, karena mungkin di perairan Dringu makanannya banyak, yaitu plankton. Jadi kita hanya memantau fenomena lama ini," jelas Mamat.

Mamat menjelaskan, kemunculan kawanan hiu pada saat musim hujan sudah dua minggu.

Mamat mengimbau agar nelayan tidak mengganggu kawanan hiu yang kerap muncul di perairan Probolinggo dan Pasuruan tersebut. Sebab, meski hiu tutul jinak, tidak bisa diprediksi mengenai sifat liarnya.

Kasatpolairud Polres Probolinggo, AKP Slamet mengaku masih belum sempat melakukan patroli lantaran kapal patrolinya masih dalam perbaikan. Kawanan hiu tutul diprediksi berada di perairan itu hingga Februari.

"Imbauan kepada nelayan, jika bertemu hiu tutul tolong dijaga karena hewan itu jenis mamalia, termasuk hewan dilindungi, tidak boleh disakiti," tutur Slamet.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/10/201143978/kawanan-hiu-tutul-muncul-di-perairan-probolinggo-terlihat-oleh-nelayan-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke