Salin Artikel

Sosok Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata, Hobi Baca Buku dan Idolakan Cak Nun

Pria asal Kediri, Jawa Timur, itu menjadi pahlawan setelah menepis tendangan penalti pemain Singapura, Faris Ramli, di menit-menit terakhir pertandingan dalam waktu normal.

Penyelamatan yang dilakukan Nadeo itu memberi angin segar buat Indonesia. Pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan dan berujung kemenangan 4-2 untuk skuad Garuda.

Kepiawaian Nadeo menjaga gawang tak diragukan lagi. Pria berusia 24 tahun itu kini juga merumput bersama klub Bali United yang bertanding di Liga 1 Indonesia.

Di luar lapangan, Nadeo dikenal sebagai pribadi yang baik dan taat kepada orangtua. Ia memiliki hobi membaca buku.

Ibunda Nadeo, Ninuk Indahsari mengamini Nadeo suka membaca buku. Di ruang tamu rumah orangtuanya itu, terlihat banyak koleksi buku.

Di antaranya, tentang sejarah dan wawasan sosial keagamaan. Beberapa buku itu tertata rapi dalam sebuah kotak yang bertuliskan nama Nadeo Argawinata di bagian samping, sebagai penanda pemiliknya.

"Nadeo memang suka baca buku. Saya sendiri juga bertanya-tanya kok ya sempatnya dia baca buku," ujar Ninuk saat ditemui di rumahnya di Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (28/12/2021).

Ninuk mengatakan, anaknya itu memang mengidolakan Emha Ainun Nadjib. Bahkan, Nadeo juga sempat berfoto bareng kiai yang akrab disapa Cak Nun itu.

Selain membaca buku, Ninuk menambahkan, Nadeo juga kerap menonton acara televisi atau YouTube perihal sejarah. Sejarah apa pun termasuk tentang asal usul sebuah kota.

Soal pendidikan, Nadeo tetap melanjutkan pendidikan di sela-sela aktivitasnya bermain bola.

Setelah menyelesaikan pendidikan di sebuah SMA di Kota Kediri, Nadeo melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Kadiri (Uniska) Kediri dengan jurusan akuntansi.

Namun, kuliah itu terpaksa terhenti karena Nadeo harus meninggalkan Kediri untuk bermain di Borneo FC pada 2016.

"Jadi kuliahnya baru nyampe semester dua," lanjut Ninuk.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/12/29/094050378/sosok-kiper-timnas-indonesia-nadeo-argawinata-hobi-baca-buku-dan-idolakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke