Salin Artikel

Saat Murid PAUD di Jombang Beri Kado Peringatan Hari Ibu, Para Orangtua Terharu

Ratusan ibu yang anaknya bersekolah di PAUD dan Kelompok Belajar di wilayah itu menerima kado istimewa.

Kado istimewa tersebut berupa aksi sang anak membasuh kedua kaki ibu masing-masing.

Memperingati hari ibu, ratusan anak dari beberapa lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkumpul di kawasan Wisata Edukasi Ngusikan (Wedang), Rabu (22/12/2021).

Pantauan Kompas.com, rangkaian acara peringatan Hari Ibu diawali dengan para ibu duduk di kursi. Di depan masing-masing, terdapat baskom berisi air bersih.

Anak-anak berusia 4-5 tahun kemudian datang ke depan ibunya masing-masing, lalu memegang tangan sang ibu.

Prosesi selanjutnya, anak-anak memegang kedua telapak kaki ibunya, dilanjutkan dengan membasuh kedua kaki sang ibu.

Saat sang anak memegang dan membasuh kakinya, para ibu tampak memegang kepala anaknya masing-masing.

Gerakan selanjutnya, para ibu mencium kening dan kepala anaknya sambil berbisik mengungkapkan sesuatu.

Momentum membasuh kedua kaki oleh anaknya, membuat beberapa orangtua tak kuasa menahan haru. Di antara mereka bahkan tampak menangis.

Menurut Luluk Maisyaroh, salah satu wali murid, momentum Hari Ibu pada 2021 ini sangat berkesan karena menerima kado istimewa dari anak keduanya.

Ia mengaku tak kuasa menahan rasa haru saat putri keduanya memegang kakinya lalu membasuh dengan air.

"Saya tadi terkesan dan terharu sekali. Peringatan Hari Ibu kali ini yang paling berkesan bagi saya," kata Luluk kepada Kompas.com, Rabu.

Luluk yang anaknya belajar di PAUD Ar-Rahma Ngusikan, berjuang agar buah hati bisa menuntaskan pendidikan hingga perguruan tinggi.

"Biar anak-anak lebih sayang sama ibunya. Walaupun sebelumnya memang sudah sayang, tapi Insya Allah setelah kegiatan ini lebih erat," tutur dia.

Kegiatan ini digelar pengelola Wisata Edukasi Ngusikan bersama Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang.

Ketua Himpaudi Kecamatan Ngusikan Sundari menuturkan, melalui momentum Hari Ibu, pihaknya ingin menanamkan sikap penghargaan dan penghormatan kepada ibu sejak usia dini.

Ibu, jelas dia, memiliki peran yang sangat krusial bagi tumbuh kembang anak, keberlangsungan pendidikan, maupun bimbingan untuk menghadapi tantangan kehidupan bagi anak.

Karena itu, kata Sundari, pihaknya sangat antusias ketika muncul gagasan untuk menggelar acara basuh kaki ibu pada peringatan Hari Ibu.

Menurut dia, keintiman antara anak dengan ibu, hingga sikap selalu berbakti kepada ibu perlu ditanamkan sejak dini.

"Harapan kami kegiatan ini bisa meningkatkan rasa hormat dan bakti anak kepada ibu. Anak agar mengerti bagaimana pentingnya peran seorang Ibu," kata Sundari.

Pemilik sekaligus pengelola Wisata Edukasi Ngusikan Miftahul Rohman berharap, peringatan Hari Ibu yang ditandai dengan acara basuh kaki ini bisa membantu proses pendidikan karakter dan budi pekerti.

"Harapan kami peringatan hari ibu bukan sekedar momentum untuk diperingati. Tetapi juga menghadirkan kesan mendalam kepada ibu dan anak," kata Miftah, sapaan akrabnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/12/22/181736678/saat-murid-paud-di-jombang-beri-kado-peringatan-hari-ibu-para-orangtua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke