Salin Artikel

Hujan Deras Guyur Trenggalek, Jalan Penghubung Kecamatan Tertutup Longsor

Longsor tersebut menutup akses jalan antarkecamatan di desa tersebut. Tak ada korban jiwa dalam bencana itu, tetapi dapur salah satu warga rusak parah akibat longsor.

Selain itu, material longsor yang menutup badan jalan menghambat aktivitas warga menuju kota kecamatan setempat. Warga juga kesulitan bepergian ke Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung.

Untuk sementara, warga harus memutar jalan untuk mencapai kota Kecamatan Bendungan, dan kecamatan sekitarnya.

"Longsor terjadi sekitar pukul 15.30 WIB setelah di guyur hujan deras sekitar tiga jam, longsor ini merupakan kali pertama terjadi," kata Kepala Dusun Kebonagung, Eko Pamudi seperti dikutip dari Antara, Selasa.

Warga dan pihak desa sementara membiarkan material longsor setebal dua meter dan panjang mencapai 15 meter tersebut menumpuk di badan jalan. Sebab, hujan deras masih terus mengguyur wilayah itu.

"Ini harus dibersihkan dengan bantuan alat berat. Kalau pakai manual terlalu berisiko," katanya.

Pamudi dan warga sekitar lokasi berharap pemerintah daerah bergerak cepat. Sehingga, akses jalan bisa kembali dilewati pada Rabu pagi.

Selain longsor di Desa Depok, Kecamatan Bendungan, genangan air hingga ketinggian lutut dilaporkan juga terjadi di beberapa titik di Kecamatan Karangan, Gandusari, Durenan serta Kampak.

Tingginya intensitas hujan membuat debit air sungai-sungai utama meningkat drastis sehingga memaksa warga meningkatkan kewaspadaan demi mengantisipasi banjir.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/09/14/222158378/hujan-deras-guyur-trenggalek-jalan-penghubung-kecamatan-tertutup-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke