Salin Artikel

Cerita Pasutri yang Turun dari Motor dan Hormat Bendera di Gresik: Saya Pikir Awalnya Ditilang...

Foto yang memperlihatkan pasangan suami istri itu sedang bersikap hormat diunggah ke media sosial dan viral.

Bayu tak menyangka sikap hormat yang ia dan istri lakukan itu mendapat apresiasi dari Polsek Driyorejo.

Polsek Driyorejo akan memberi hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap sikap pasangan suami istri tersebut.

Padahal, kata Bayu, ia sempat menduga akan ditilang saat diminta polisi menghentikan kendaraan di depan Polsek Driyorejo.

"Saya pikir awalnya juga mau ditilang sama Pak Polisi. Tapi begitu diberitahu itu 17-an (tanggal 17 Agustus), saya dan istri langsung beri hormat. Eh enggak tahunya malah dapat hadiah. Padahal jujur, kami ikhlas melakukannya," kata Bayu saat dihubungi, Kamis (19/8/2021).

Memutuskan berhenti saat pengendara lain cuek

Winda menceritakan, peristiwa itu terjadi setelah ia dan suaminya kembali dari rumah mertua di Desa Cangkir, Kecamatan Driyorejo, Gresik.

Winda dan Bayu baru saja menikah. Usia pernikahan mereka belum sampai satu bulan.

Berbeda dengan Bayu yang merupakan warga Gresik, Winda berasal dari Desa Parengan, Kecamatan Jetis, Mojokerto.

Saat melintas di dekat Polsek Driyorejo, Winda dan Bayu melihat polisi memberikan aba-aba kepada para pengendara agar berhenti sejenak.

Sayangnya banyak pengendara yang cuek dengan aba-aba tersebut. Winda dan Bayu yang saat itu mengendarai Honda Beat dengan nomor polisi S 5876 ST memutuskan berhenti.

"Itu pas mau pulang setelah berkunjung dari rumah mertua. Tiba-tiba ada polisi beri aba-aba, agar pengendara mau (berkenan) berhenti. Banyak pengendara lain yang cuek, tapi saya dan suami berhenti," ujar Winda.


Mereka mematikan motor dan turun lalu berdiri dengan sikap tegap. Mereka hormat ke arah bendera Merah Putih.

Winda mengaku sempat menduga hendak ditilang oleh polisi. Namun, setelah mendengar arahan dari polisi, mereka mengambil sikap sempurna dan memberi hormat.

"Saya pikir awalnya itu mau ditilang, tapi setelah petugas memberitahu bahwa itu detik-detik proklamasi, maka saya dan suami lalu memberikan hormat. Ini juga sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan," kata Winda.

Akan diberi hadiah

Polsek Driyorejo mengapresiasi sikap pasangan suami istri tersebut.

Kanit Lantas Polsek Driyorejo Ipda Tasmani telah menghubungi pasangan suami istri itu. Rencananya, Polsek Driyorejo memberi hadiah kepada mereka.

"Kami sudah menghubungi mereka, tapi belum bisa saat ini. Sebab sekarang masih kerja, dan besok katanya mau menjalani vaksinasi. Tapi kami sudah atur jadwal, dan hadiahnya sudah kami siapkan," tutur Kanitlantas Polsek Driyorejo Ipda Tasmani.

Tasmani mngaku, hadiah yang disiapkan itu sebagai bentuk apresiasi karena pasangan suami istri itu telah menunjukkan jiwa nasionalisme saat memberi hormat kepada bendera Merah Putih.

(KOMPAS.com/Kontributor Gresik, Hamzah Arfah)

https://surabaya.kompas.com/read/2021/08/19/163746178/cerita-pasutri-yang-turun-dari-motor-dan-hormat-bendera-di-gresik-saya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke