Salin Artikel

Satgas Covid-19 Jember Mulai Pindahkan Pasien Positif Covid-19 Isoman ke Tempat Isolasi Terpusat

Setidaknya, ada dua tempat isolasi terpusat di Kabupaten Jember.

"Pemindahan tersebut dilakukan untuk menekan penularan kasus Covid-19 di Kabupaten Jember," kata Bupati Jember Hendy Siswanto usai memimpin apel pasukan persiapan pemindahan warga positif Covid-19 ke isolasi terpusat yang digelar di Markas Kodim 0824/Jember seperti dikutip dari Antara, Rabu (18/8/2021).

Menurut dia, tindakan itu tepat dan strategis dalam penanganan Covid-19. Kebijakan itu juga tindak lanjut dari Instruksi Mendagri yang akan dilaksanakan dalam dua pekan ke depan.

"Kami berharap ada kerja sama yang baik di tingkat satgas wilayah, sehingga kami melakukan apel pasukan untuk mengecek personel dan sarana prasarana untuk kesiapan pemindahan," tuturnya.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Jember, tercatat 623 pasien positif Covid-19 melakukan isolasi. Rinciannya, 498 orang isolasi mandiri dan 125 pasien diisolasi di tempat isolasi terpusat.

"Kami berusaha untuk memindah mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah agar bersedia menjalani isolasi terpusat di dua lokasi yakni Hotel Kebonagung dan Gedung Jember Sport Garden dengan kapasitas totalnya 687 orang," katanya.

Hendy menjelaskan, warga yang terkonfirmasi Covid-19 baru akan ditempatkan di tempat isolasi terpusat dengan target penambahan minimal 20 orang per hari.

"Hari ini berdasarkan hasil tracing (pelacakan) terdapat tambahan 40 orang yang berada di tempat isolasi terpusat baik di Hotel Kebonagung maupun Jember Sport Garden," kata Hendy.

Satgas Covid-19 juga meminta para perangkat kecamatan dan pemerintah desa menyiapkan tempat isolasi terpusat di masing-masing wilayah.

Hal itu bias mempermudah penanganan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kami akan melakukan pemindahan secara persuasif agar mereka bersedia dipindahkan menuju tempat isolasi terpusat karena semuanya dijamin dari segi fasilitas, kelayakan, dan pelayanan yang akan didapatkan masyarakat," ujar Bupati Jember itu.

Ia menjelaskan warga yang berada di isolasi terpusat akan diawasi dokter selama 24 jam.

Makanan dam vitamin pasien di tempat isolasi terpusat juga terjamin. Mereka juga diawasi para relawan dan tenaga kesehatan.

Tercatat 14.772 kasus positif Covid-19 tercatat di Kabupaten Jember hingga Rabu. Rinciannya, 1.501 kasus aktif, 12.033 pasien sembuh, dan 1.238 pasien meninggal.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/08/18/230801878/satgas-covid-19-jember-mulai-pindahkan-pasien-positif-covid-19-isoman-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke