Salin Artikel

90 Persen Masyarakat Desa Ngadisari di Probolinggo Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Sejauh ini, sudah 90 persen warga Desa Ngadisari disuntik vaksin Covid-19.

"Jumlah warga yang divaksinasi dosis dua sebanyak 90 persen dari total warga Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, yang boleh divaksinasi sebanyak 1.100 orang dan Insya Allah sebanyak 191 orang sisanya akan divaksinasi pada Sabtu (14/8), sehingga capaian vaksinasi 100 persen," kata Bupati Probolinggo P Tantriana Sari di Probolinggo seperti dikutip dari Antara, Rabu (11/8/2021).

Bupati Probolinggo didampingi anggota Komisi III DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo, Kepala Dinas Kesehatan dr Shodiq Tjahjono, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Yulius Christian serta Forkopimka Sukapura memantau proses vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi masyarakat di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Selasa.

"Luar biasanya Desa Ngadisari itu karena masyarakat dan didukung oleh pemerintah desa setempat melaksanakan program vaksinasi sangat bagus," tuturnya.

Tantriana mengatakan, hal itu akan menjadi inspirasi bagi semua masyarakat, tak cuma pemerintah kabupaten tetapi juga desa.

"Semua itu tentunya untuk mengikhtiarkan warga masyarakat sehat wal afiat lahir dan batin, utamanya dalam kondisi pandemi Covid-19," katanya.

Sementara Sesepuh Masyarakat Tengger yang juga anggota Komisi III DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo mengatakan, percepatan pelayanan vaksinasi di Desa Ngadisari sudah memasuki dosis kedua dengan capaian 90 persen dari target yang ditetapkan 70 persen.

Sehingga, hanya tersisa 191 orang yang belum divaksin di desa yang seluruh warganya merupakan masyarakat Suku Tengger.

"Mudah-mudahan dari angka itu nanti bisa dinaikkan seiring dengan kesiapan vaksinnya karena pada dasarnya warga yang memenuhi syarat sudah siap untuk divaksinasi. Tidak ada yang takut dan tidak ada yang ragu untuk mendukung percepatan vaksinasi," tuturnya.


Ia mengatakan permasalahan dan pemahaman terhadap vaksinasi yang dihadapi semua desa di Kabupaten Probolinggo sama, meski Desa Ngadisari terkenal dengan orang yang patuh, rukun, dan guyub.

"Terkait vaksinasi, permasalahannya sama apabila tidak ada pendekatan dan komunikasi dari penyelenggara pemerintahan dan tokoh masyarakat," katanya.

Vaksinasi di desa itu sukses karena pendekatan dari pemerintah desa dan tokoh masyarakat setempat yang gotong royong bersosialisasi.

"Ketika itu bisa dilakukan, maka semuanya bisa dilakukan. Hal penting lainnya adalah keteladanan dari para tokoh yang ada di desa," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/08/12/164815978/90-persen-masyarakat-desa-ngadisari-di-probolinggo-telah-disuntik-vaksin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke