Salin Artikel

Relawan Swab di Kediri Meninggal Terpapar Covid-19, Wali Kota: Pemkot Utang Budi atas Jasamu...

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, Digma menjadi relawan swab antigen sejak 12 Juli 2021.

Namun, Digma menjalani isolasi mandiri di kampung halamannya, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, setelah merasa tak enak badan pada 30 Juli.

Digma dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes cepat antigen pada 31 Juli.

"Tanggal 2 Agustus 2021, saudara Digma dibawa ke RS Kilisuci untuk menjalani perawatan, namun karena saturasi oksigennya hanya 83 persen lalu dirujuk ke RSUD Gambiran, Kota Kediri agar mendapatkan perawatan lebih maksimal," kata Wali Kota di Kediri seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/8/2021).

Petugas medis berusaha menolong Digma. Ia mendapat perawatan maksimal seperti pasien positif Covid-19 lainnya.

"Namun ternyata takdir berkata lain, setelah melalui upaya yang keras hingga masuk ke ICU, Digma mengembuskan nafas terakhir," kata Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri.

Abubakar ikut berduka dengan kejadian ini. Pemerintah Kota KEdiri juga berterima kasih atas bantuan Digma selama menjadi relawan.

"Selamat jalan pahlawan, terima kasih banyak atas dedikasimu. Pemkot Kediri utang budi atas jasamu di garda depan penanganan Covid-19 Kota Kediri," kata Wali Kota mengenang Digma.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dokter Fauzan Adima menambahkan, Digma adalah relawan yang melakukan tes usap untuk pasien dan kontak erat.


"Berkat kerja keras beliau testing kontak erat Covid-19 Kota Kediri ada peningkatan signifikan, sehingga penanganan pasien Covid-19 dan kontak eratnya bisa tertangani lebih baik," kata Fauzan Adima.

Pemerintah Kota Kediri, sebelumnya juga mengungkapkan rasio tracing Covid-19 di Kota Kediri menempati peringkat pertama di Jawa Timur dengan angka 1:6,09, dari data aplikasi Silacak, per tanggal 1 Agustus 2021.

Angka 1:6,09 diperoleh dari jumlah kontak erat yang terlacak tiap satu kasus positif, yang artinya di Kota Kediri terdapat enam kontak erat yang dapat terlacak tiap satu kasus positif.

Selain meningkatkan angka tracing, Pemkot Kediri juga menargetkan jumlah testing sebanyak 624 tes per hari.

Angka ini masih bisa dicapai oleh Kota Kediri dengan melibatkan relawan swaber dari perguruan tinggi kesehatan.

Hingga kini, terdapat 2.923 kasus positif Covid-19 di Kota Kediri.

Rinciannya, 652 orang dirawat, 2.024 pasien sembuh, dan 247 meninggal.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/08/04/232919478/relawan-swab-di-kediri-meninggal-terpapar-covid-19-wali-kota-pemkot-utang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke