Salin Artikel

Kronologi Pengendara Motor Jambret Penyandang Disabilitas, Polisi: Dia Tahu Korban Tak Bisa Mengejar

Aksi itu terekam kamera pengawas atau CCTV yang terpasang di salah satu rumah warga.

Dalam video itu, terlihat seorang pria yang memakai helm tega menjambret seorang penyandang disabilitas yang sedang memulung botol bekas pada siang hari.

Pelaku terlihat berlari mengejar korban yang sedang mendorong gerobak berisi botol plastik bekas.

Tiba di dekat korban, pelaku mengambil uang dari saku celana korban. Setelah beraksi, pelaku kembali ke sepeda motornya dan kabur ke arah berlawanan.

Kapolsek Kanigoro AKP Suprapto mengatakan, korban penjambretan itu bernama Poniman, warga Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro.

Poniman yang telah berusia lanjut merupakan penyandang disabilitas fisik dan mental.

Menurut Suprapto, insiden itu terjadi di Dusun Sekardangan, Desa Papungan, sekitar pukul 12.00 WIB.

"Jadi pelaku ini sudah tahu bahwa korban tidak akan bisa mengejar setelah dia jambret," kata Suprapto saat ditemui Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Pelaku menggasak uang sebesar Rp 30.000 dari kantong celana Poniman.

Sehari-hari, Poniman bekerja sebagai pemulung botol plastik bekas di wilayah itu. Ia biasa mendorong gerobaknya berkeliling desa sekitar.


Polisi sedang mendalami kasus tersebut. Saat ini, polisi telah mengantongi sejumlah petunjuk untuk mengejar pelaku.

"Kita belum tahu apakah pelat nomor polisinya palsu atau tidak. Tapi sudah kita sampaikan ke Satreskrim Polres Blitar untuk penyelidikan lebih lanjut," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah aksi penjambretan terekam kamera pengawas atau CCTV yang terpasang di salah satu rumah warga di Kabupaten Blitar.

Video yang memperlihatkan aksi penjambretan itu viral di grup Facebook Info Cegatan Blitar setelah salah satu akun mengunggah tangkapan layar rekaman CCTV pada Senin (14/6/2021).

Dalam unggahannya, akun itu membuat keterangan, "Penjambretan, jambret tak berwibawa, korban seorang penyandang disabilitas, monggo pak polisi, enggal diciduk mawon".

(KOMPAS.com/Asip Agus Hasani)

https://surabaya.kompas.com/read/2021/06/15/183823478/kronologi-pengendara-motor-jambret-penyandang-disabilitas-polisi-dia-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke