Salin Artikel

Rawat 369 Pasien Covid-19, Kapasitas Tempat Tidur RSLI Surabaya Hanya Tersisa 31

Hingga hari ini, Selasa (15/6/2021) pukul 11.00 WIB, pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSLI Surabaya berjumlah 369 orang.

Didominasi klaster Madura

Hal itu disampaikan Penanggungjawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara.

Ia mengungkapkan, pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSLI masih didominasi klaster Madura, yakni sebanyak 210 orang.

"Jumlah pasien yang dirawat per hari ini, Selasa 15 Juni pukul 11.00 WIB ada 369 orang, terdiri dari PMI 64, Klaster Madura 210, Klaster Pondok 12, dan umum/mandiri 83 orang," kata Nalendra dikonfirmasi, Selasa (15/6/2021).

Tersisa 31 tempat tidur

Menurut Nalendra, daya tampung tempat tidur di RSLI Surabaya berjumlah 410.

Dari jumlah 369 orang yang dirawat di RSLI, saat ini masih tersisa 31 tempat tidur yang kosong.

Meski jumlah pasien Covid-19 di RSLI terus bertambah, Nalendra mengaku siap untuk melayani warga masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19, sesuai tugas yang diberikan oleh negara.

Upayakan tambahan tenaga kesehatan

Saat ini, pihaknya sedang mengupayakan untuk penambahan tenaga kesehatan di RSLI. Sebab, lonjakan pasien positif Covid-19 diprediksi akan terus bertambah.

"Sudah diupayakan penambahan nakes, yaitu 6 dokter dan 12 perawat dari TNI untuk langkah awal. Kami juga tetap berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Jatim untuk kebutuhan nakes tersebut," ujar Nalendra.

Di samping itu, lanjut Nalendra, kebutuhan tempat tidur juga segera diupayakan dengan dukungan logistik dari BPBD Jatim.

Ia menyampaikan, kasus Covid-19 di Bangkalan dan Penyekatan Suramadu atau klaster Madura serta penanganan PMI akan terus diawasi dengan ketat dengan penanganan yang lebih serius.

"Termasuk penanganan nonmedis oleh relawan pendamping PPKPC-RSLI juga akan dimonitoring dengan ketat," kata Nalendra.

Nalendra mengungkapkan, sejak diberlakukan penyekatan di Jembatan Suramadu pada Minggu (6/6/2021) lalu, RSLI sudah menerima ratusan pasien Covid-19 kiriman dari Bangkalan maupun dari hasil penyekatan Suramadu yang dimasukkan dalam satu klaster, yakni klaster Madura.

"Jadi penanganan kasus Bangkalan dan hasil tracing penyekatan Suramadu selalu dikoordinasikan untuk hasil yang baik dan optimal, dengan mengedepankan kepentingan kesehatan masyarakat secara luas," kata Nalendra.

Secara keseluruhan, total pasien positif Covid-19 yang sudah masuk dari klaster Madura sampai hari ini berjumlah 219 orang. Terdiri dari 158 laki-laki dan 61 perempuan.

Sedangkan untuk hasil CT Value-nya, 16 orang berada di angka 25 dan 35.

"Untuk CT Value di bawah 25 sebanyak 203 orang, sehingga akan kita kirim ke ITD Unair dan Balitbangkes untuk konfirmasi lebih lanjut, terkait dugaan varian baru Covid-19," kata Nalendra.

Dari 219 orang klaster Madura, kata Nalendra, yang dirawat di RSLI ada sebanyak 210 orang. Sedangkan 9 orang lainnya dirujuk ke fasilitas kesehatan lainnya.

"Hari ini masih ada daftar tunggu yang segera masuk. Jumlah itu akan terus bertambah," tutur Nalendra.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/06/15/163656778/rawat-369-pasien-covid-19-kapasitas-tempat-tidur-rsli-surabaya-hanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke