Salin Artikel

Hindari Tes Swab Massal, Pengendara Roda 2 Bobol Pagar Pembatas Jembatan Suramadu, Viral di Media Sosial

KOMPAS.com - Demi menghindari tes swab massal, ratusan pengendara motor nekat menjebol pagar pembatas jembatan Suramadu sisi Surabaya, Minggu (6/6/2021). Aksi itu pun viral di media sosial.

"Itu memang dijebol oleh pengemudi, posisi itu sisi Surabaya di sebelah timur jembatan yang dijebol," Kata Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Eko Adi Wibowo, saat dikonfirmasi via telepon, Senin (7/6/2021).

Eko mengatakan, pengendara roda dua yang menjebol pagar pembatas itu dari arah Bangkalan ke Surabaya.

Saat itu, lanjut Eko, Pemkot Surabaya bersama Polres Pelabuhan Tanjung Perak sedang mengelar swab massal di pintu masuk Jembatan Suramadu sisi Surabaya.

"Perintah Pak wali kota agar dilakukan swab antigen tanpa terkecuali, semalam kita sampai jam 2 dini hari." ungkapnya.

Selain pengendara roda dua, kata Eko, ia mendapat laporan dari masyarakat ternyata pengendara roda empat juga membuka rantai pembatas di bentang tengah Jembatan Suramadu agar bisa putar balik.

"Bukan cuma di situ, tapi di tengah juga jebol rantai, dicopot di bentang tengah tiangnya. Itu dicabut juga, itu laporan dari pengemudi juga," ungkapnya.

Mengetahui itu, Eko pun langsung menugaskan personelnya untuk mengatasi dan mengirim petugas untuk berjaga agar tidak dijebol lagi.

Kata Eko, pengendara itu menjebol pembatas jalan karena situasi jalan sudah macet dan kendaraan sudah menumpuk di Jembatan Suramadu.

Bahkan, kemacetan terjadi sepanjang 4,5 kilometer di badan Jembatan Suramadu.

Tumpukan antrian kendaraan itu terjadi di jalur sepeda motor dan mobil, karena ada aktivitas penyekatan di sisi Surabaya serta dilakukan tes swab antigen oleh pihak Pemkot Surabaya.

Selain itu, kata Eko, ada keterbatasan personel yang memantau arus lalu lintas, sehingga terjadi peristiwa itu.

"Keterbatasan personel. Padahal pengerahan kemarin, petugas personel yang ada di lapangan sekitar 90 orang, namun tahu sendiri situasi kemarin seperti itu," ujarnya.


Viral di media sosial

Aksi ratusan pengendara roda dua dan empat yang menumpuk di Jembatan Suramadu, viral di media sosial.

Hal ternyata dilakukan karena mereka ingin menghindari tes swab antigen secara massal yang digelar Pemkot Surabaya di Pos Penyekatan Suramadu sisi Surabaya.

Dalam video berdurasi 26 detik yang beredar di media sosial tampak terlihat ratusan pengendara tersebut menjebol pembatas Jembatan Suramadu sisi Surabaya.

Selain itu, dari video itu juag terdengar suara warga menggunakan Bahasa Madura merekam aktivitas pengendara roda dua yang melintas di jalur tikus, setelah berhasil menjebol pagar pembatas Jembatan Suaramadu.

"Demi Lok tes swab ajebol, Reng Madurenah ajebol jeh, ajebol. Ayo, ayo cepatan mas, niser mas, niser toreh (Demi tidak tes swab menjebol, orang Maduranya menjebol pagar pembatas. Ayo, ayo cepetan mas, kasihan, ayo)," ucap suara perekam dalam video itu, Senin (7/6/2021).

(Penulis : Kontributor Surabaya, Muchlis | Editor : Pythag Kurniati)

https://surabaya.kompas.com/read/2021/06/07/122724678/hindari-tes-swab-massal-pengendara-roda-2-bobol-pagar-pembatas-jembatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke