Salin Artikel

Tes Covid-19 dengan Metode Air Liur Kini Hadir di Surabaya, Berapa Harganya?

SURABAYA, KOMPAS.com - Alat tes Covid-19 dengan metode menggunakan air liur atau metode sampel saliva kini hadir di Surabaya.

Alat tes Covid-19 ini dinilai memiliki akurasi yang setara dengan RT-PCR.

Manager Granostic Center Surabaya dr May Fanny Sp.PK mengatakan, kesehatan saat ini merupakan hal terpenting dalam kehidupan untuk mengantisipasi berbagai macam virus dan bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Ditambah lagi dengan pandemi yang belum usai, kata May, membuat masyarakat mau tidak mau wajib melakukan cek kesehatan rutin sebagai bentuk antisipasi terhadap pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Ia menyampaikan, Granostic Center hadir sebagai labotarium klinik utama dengan memberikan pelayanan 24 jam non-stop dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu untuk masyarakat yang ingin melakukan medical check-up kesehatan serta pengecekan virus Covid-19 dengan berbagai pilihan tes.

"Metode terbaru dalam pendeteksi virus Covid-19 melalui air liur manusia yaitu dengan metode RT-PCR saliva tes dengan hasil gold standard yang bukan lagi hanya screening tes saja," kata May, dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Selain itu, metode RT-PCR saliva tes tidak menggunakan sampel darah melainkan dengan pengambilan sampel air liur saja. 

Sehingga dapat dilakukan oleh segala usia tanpa menimbulkan rasa sakit.


"Masyarakat juga akan lebih nyaman karena sampel hanya dari air liur, tidak seperti swab PCR yang diambil dari hidung, tenggorokan, atau darah dari ujung jari," kata dia. 

Menurut dia, sampel air liur yang digunakan stabil hingga 24 jam bila disimpan dengan kantong es atau pada suhu ruang.

"Peneliti mendeteksi tidak ada perbedaan konsentrasi pada saat pengumpulan, delapan jam kemudian atau 24 jam kemudian," kata May.

Ia menuturkan, hasil pemeriksaan swab antigen selesai dalam waktu 19 menit, antibodi S-RBD 6 jam, sedangkan RT-PCR dan RT-PCR saliva selesai dalam 24 jam dan dinilai lebih aman karena bisa meminimalisir terjadinya penyebaran virus pada staf medis saat mengumpulkan sampel.

Alat tes melalui sampel saliva ini dihargai senilai Rp 700.000 dan bisa didapatkan di Granostic Center Surabaya di Jalan Dharmahusada Nomor 146, Mojo, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/03/30/142652678/tes-covid-19-dengan-metode-air-liur-kini-hadir-di-surabaya-berapa-harganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke