Salin Artikel

Arca Diduga Peninggalan Era Majapahit Ditemukan di Sendang Tengah Hutan Nganjuk

NGANJUK, KOMPAS.com – Sebuah arca kuno terbuat dari batu andesit ditemukan di Sendang Prajunan yang lokasinya di tengah hutan jati, Desa Sumberagung, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, belum lama ini.

Petugas lapangan Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Nganjuk, Aris Trio Effendi, telah meninjau lokasi hari ini.

Aris menduga arca tersebut adalah peninggalan era Kerajaan Majapahit.

“Mungkin (peninggalan era Majapahit). Sebab, di dekat sendang ada temuan pecahan keramik, gerabah, dan batu bata merah kuno era Majapahitan,” kata Aris, kepada Kompas.com, Jumat (12/3/2021).

Aris menuturkan, arca itu pertama kali ditemukan oleh Pairen, warga setempat, belum lama ini.

Mulanya, Pairen membawa pulang arca tersebut, tapi sesampainya di rumah ia justru bermimpi diminta mengembalikan arca ke tempat semula.

“Dia (Pairen) mimpi suruh mengembalikan (Arca ke tempat semula), dia takut untuk mengembalikan, akhirnya ditaruh di Balai Desa (Sumberagung),” tutur Aris.

Kini, arca tersebut berada di Balai Desa Sumberagung. Pihak Disparporabud Nganjuk akan kembali meninjau lokasi pada Senin (15/3/2021) besok.

Tujuannya untuk menanyakan apakah arca ini benda yang dikeramatkan warga atau tidak.


“Sebab, biasanya kepercayaan masyarakat masih kuat. Sendang (Prajunan) itu sampai sekarang setiap tahun pasti diadakan acara nyadran, jadi kayak banda seperti itu (biasanya) enggak bakalan keluar dari situ,” papar Aris.

Aris menduga di sekitar Sendang Prajunan dulunya merupakan kampung kuno.

Dugaan ini diperkuat dengan banyaknya benda-benda kuno berserakan seperti pecahan keramik, gerabah, uang kepeng, dan batu bata merah.

Aris belum bisa memastikan jenis arca kuno tersebut. Ia menduga arca itu antara dwarapala atau nandiswara.

Dwarapala adalah patung penjaga gerbang atau pintu, sedangkan nandiswara ialah patung penjaga pintu candi sebelah kanan.

Sementara itu, Kepala Seksi Sejarah, Museum dan Kepurbakalaan Disparporabud Kabupaten Nganjuk, Amin Fuadi, belum bisa berbicara banyak mengenai temuan arca ini.

Pihaknya akan mengecek arca itu pada Senin (15/3/2021) besok.

“Senin saya mau ninjau lokasi,” kata Amin.

https://surabaya.kompas.com/read/2021/03/12/201352778/arca-diduga-peninggalan-era-majapahit-ditemukan-di-sendang-tengah-hutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke