Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lumbung Sosial Dibentuk di Pulau Masalembu untuk Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Kompas.com - 15/05/2023, 11:23 WIB
Ach Fawaidi,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SUMENEP, KOMPAS.com - Kementerian Sosial (Kemensos) membentuk lumbung sosial di Kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Lumbung sosial itu dibentuk sebagai langkah untuk mempercepat distribusi bantuan darurat bagi korban apabila terjadi bencana alam.

Sebagaimana diketahui, Pulau Masalembu sempat terisolasi imbas cuaca ekstrem pada Februari 2023. Akibatnya, masyarakat di pulau itu mengalami krisis logistik.

"Kementerian Sosial RI berkunjung ke Pulau Masalembu dalam upaya mitigasi bencana alam yang menimpa warga Pulau Masalembu seperti beberapa waktu lalu," kata Subdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial, Heri Sutriyana, Senin (15/5/2023).

Baca juga: Bantuan Logistik Tiba di Pulau Masalembu Sumenep yang Terisolasi Imbas Cuaca Ekstrem

Heri menyebut, lumbung sosial yang dibentuk Kementerian Sosial bertujuan agar penanganan bencana dapat dilakukan sesegera mungkin dengan langkah cepat, tepat dan terkoordinasi sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam penanggulangan bencana korban bencana alam.

Apalagi, lanjut dia, Pulau Masalembu selama ini menjadi daerah yang sering kali dihantui cuaca ekstrem yang menyebabkan jalur distribusi logistik terhenti.

"Pembangunan lumbung sosial agar warga lebih preventif dan lebih siap bila tiba waktu musim angin barat (cuaca ekstrem) datang," pungkasnya.

Baca juga: Krisis Pangan di Masalembu Sumenep, DPRD Minta Kadis Sosial dan Kepala BPBD Dievaluasi

Terpisah, anggota DPRD Sumenep daerah pemilihan Masalembu, Darul Hasyim Fath menyambut baik lumbung sosial dari Kemensos yang dibangun di Kepulauan Masalembu.

Menurutnya, sebagai pulau terluar di Sumenep, Masalembu sudah seharusnya mendapat perhatian serius, baik bagi pemerintah daerah atau pusat.

"Dari Pulau Masalembu kami hendak menyampaikan terima kasih mendalam atas komitmen dan jalan ikhtiar negera melalui Kementerian Sosial membangun lumbung sosial sebagai upaya antisipasi tanggap darurat," tuturnya.

"Pulau Masalembu yang berada persis di tengah Laut Jawa di antara Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa beberapa waktu lalu sempat terisolasi akibat badai panjang di waktu musim angin barat tiba," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com