Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WN Bulgaria yang Bobol ATM di Madiun Jadi Tersangka, Polisi: Pelaku Sudah Ditahan

Kompas.com - 27/02/2023, 21:06 WIB
Muhlis Al Alawi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - Personel Polres Madiun menangkap AN, warga negara Bulgaria, yang mencoba membobol sebuah mesin anjungan tunai mandiri di pinggir Jalan Madiun-Surabaya, Kelurahan Nglames, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Kasat Reskrim Polres Madiun AKP Danang Eko Abrianto mengatakan, AN telah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca juga: Pria asal Madiun Gasak Barang Antik Senilai Rp 490 Juta Milik Mantan Bos

“Jadi yang bersangkutan sudah kami tahan dan tetapkan sebagai tersangka,” ujar Danang saat dikonfirmasi, Senin (27/2/2023).

Danang mengatakan, AN ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencurian dengan pemberatan. Tersangka ditahan demi kepentingan penyidikan.

“Tersangka kami kenakan pasal 363 KUHP yakni pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara,” jelas Danang.

AN ditetapkan sebagai tersangka setelah polisi memeriksa beberapa saksi. Di antaranya, warga yang menangkap tersangka, pihak keamanan bank, hingga tim teknisi bank.


Untuk mendalami motif pencurian yang dilakoni AN, polisi mendatangkan saksi ahli. Saksi ahli itu akan mengungkap kemungkinan dugaan pidana lain yang dilakukan AN dalam percobaan pembobolan ATM itu.

Sebelumnya, personel Kepolisian Sektor (Polsek) Nglames menangkap seorang pria berkebangsaan Bulgaria karena hendak membobol ATM di ruas Jalan Madiun-Surabaya di Kelurahan Nglames, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (23/2/2023).

Kapolsek Nglames AKP Agus Priyanto membenarkan penangkapan terhadap warga negara Bulgaria tersebut. Penanganan kasus itu sudah diserahkan di Sat Reskrim Polres Madiun.

"Penanganan kasusnya sudah kami serahkan ke Sat Reskrim Polres Madiun," kata Agus saat dikofirmasi.

Baca juga: Kasus Pernikahan Dini Masih Tinggi, Bupati Madiun Kumpulkan Kepsek hingga Guru Agama

Berdasarkan informasi, pelaku diamankan warga setelah alarm mesin ATM berbunyi pada Kamis (23/2/2023) dini hari.

Warga yang mendengar alarm berbunyi langsung mendatangi lokasi dan mengamankan WN Bulgaria itu. Setelah itu, warga melaporkan peristiwa itu kepada polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com